Pengembangan model bisnis wisata puncak tonang dengan pendekatan model business canvas

Yandra Rivaldy, - (2023) Pengembangan model bisnis wisata puncak tonang dengan pendekatan model business canvas. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover, Dll)
Yandra Rivaldy_1816030035_Cover,dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab 1)
Yandra Rivaldy_1816030035_BAB 1.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (bab 2)
Yandra Rivaldy_1816030035_BAB 2.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (bab 3)
Yandra Rivaldy_1816030035_BAB 3.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (bab 4)
Yandra Rivaldy_1816030035_BAB 4.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab 5 dan daftar pustaka)
Yandra Rivaldy_1816030035_BAB 5-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text (fulltext)
Yandra Rivaldy_1816030035_FullText.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Model Bisnis Wisata Puncak Tonang Dengan Pendekatan Model Business Canvas” disusun oleh Yandra Rivaldy, NIM 1816030035 Prodi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,Universitas Negeri Imam Bonjol Padang. Indonesia yang kaya akan sumber daya alam memiliki potensi yang sangat besar untuk terus di kembangkan dalam bidang pariwisata, Wisata Puncak Tonang adalah destinasi wisata yang bertemakan alam dengan taman bunga yang luas yang terkenal dan sangat di minati masyarakat Pasaman. Wisata Puncak Tonang berlokasi di Sundata, Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Lokasi wisata cukup jauh dari wilayah perkotaan namun keindahan taman bunga yang wisata ini tawarkan menjadi pemikat bagi wisatawa untuk mengunjungi wisata ini. Bahkan beberapa wisatawan membanding-bandingknnya dengan kebun bunga tulip di Belanda. Seiring dengan itu masyarkat sekitar wisata masih belum sadar wisata sehingga sering terjadi pemalakan wisatawan yang dilakukan oleh warga sekitar sehingga Pengelolah wisata pada tanggal 29 September 2022 memutuskan untuk melakukan penutupan sementara objek wisata ini sampai menemukan solusi yang terbaik. Saat ini wisata yang mengusung konsep halal sedang di gandrungi di Indonesia, Wisata halal tentunya merupakan wisata yang mengenepankan prinsip-prinsip syariah. Penelitin bertujuan untuk melihat kekuatan dan kelemahan peluangserta ancaman pada Wisat Puncak Tonang. Serta pengembangan model bisnis yang bisa di pakai oleh pihak Pengelolah Wisata Puncak Tonang. Penelitian ini berbentuk Kualitatif. Sumber data berasal dari observasi, wawancara, dan pengisian kuisioner dengan pengelolah Objek Wisata. Kemudian Data yang diperoleh diidentifikasikan dan di susun menggunakan Business Model Canvas, yang selanjutnya diaanalisis menggunakan SWOT sehingga ditemukan strategi baru yang dapat di terapkan di objek Wisata Puncak Tonang kedepannya. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa kekuatan yang dimiliki wisata ini adalah Wisatawan yang beragam dan sudah tersegmentasi dengan baik, Keindahan bunga dan alam yang asri dengan tiket masuk yang terjangkau, Keramah tamah serta interaksi karyawan dengan pengunjung. Dan kelemahan besar yang di miliki Wisata Puncak Tonang adalah Akses kelokasi yang cukup sulit serta belum tersedianya penanda menuju lokasi wisata, Semua jenis wisatawan masih di pandang sama, Belum mempunyai komunitas wisata. peluang yang dimiliki berupa Meningkatkan jumlah kunjungan dari beragam segmen, Wisata halal, Potensi wisata masih bisa terus dikembangkan. Dan ancaman besar yang di miliki Wisata Puncak Tonang adalah: Munculnya wisata sejenis yang mengusung konsep yang sama, Para pesaing mulai bermunculan, serta Masih adanya masyarakat yang belum sadar wisata. Kata Kunci; Business Model Canvas; SWOT; Wisata Halal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Business Model Canvas; SWOT; Wisata Halal
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:41
Last Modified: 14 Mar 2023 02:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11928

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item