Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Pembayaran Deviden, Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Tergabung di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2019-2021

Muhammad ade, Adek (2023) Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Pembayaran Deviden, Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Tergabung di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2019-2021. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan pembimbing, Abstrak dan Daftar isi)
cover.pdf - Submitted Version

Download (529kB)
[img] Text (BAB I)
BAB l.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text (Full text)
text full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Semakin berkembangnya zaman tindakan perataan laba sudah menjadi hal yang bersifat umum dan biasa dilakukan oleh perusahaan besar. untuk mengurangi ketidak tepatan laba yang dilaporkan, agar dapat mengurangi beban pajak perusahaan, memberikan kepercayaan kepada investor perusahaan serta memperkuat hubungan dengan perusahaan lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, solvabilitas dan pembayaran deviden terhadap perataan laba. Terdapat 75 populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang tergabung di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021 pada sektor energi. Dengan metode purposive sampling, diperoleh sampel penelitian 15 perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu perataan laba. Sedangkan variabel independennya yaitu profitabilitas, solvabilitas, dan pembayaran deviden, melalui uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi data panel. Proses analisis data dilakukan menggunakan EViews 12 SV (x64) variabel. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Return On Asset (ROA) memiliki nilai probabilitas 0,0028, nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 sehingga mengahsilkan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Debt To Equity Ratio (DER) memiliki nilai probabilitas 0,9442 nilai probabilitas lebih besar dari 0,05 sehingga sovabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Deviden Payout Ratio(DPR) memiliki nilai probabilitas 0.3285 nilai probabilitas lebih besar dari 0,05 sehingga pembayaran deviden tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Serta Provitabilitas (ROA), Solvabilitas (DER) dan Pembayaran Deviden (DPR) memiliki nilai Prob 0,036368 yang mana kebil dari 0.05 yang artinya secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap preaktek Perataan Laba. Hasil dari nilai R square sebesar 0.575471 atau 57,5471% yang menjelaskan peran variable Provitabilitas, Solvabilitas dan Pembayaran Deviden terhadap Perataan Laba. Sedangkan sisanya 42.529% penelitian ini dipengaruhi faktor lain..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Solvabilitas;Pembayaran Deviden;Perataan Laba.
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:08
Last Modified: 14 Mar 2023 03:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11925

Actions (login required)

View Item View Item