Efektivitas Program Keluarga Harapan ( PKH) Dalam Mengentaskan Kemiskinan Menurut Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Kasus : Nagari Aie Tajun Kecamatan Lubuk Alung)

Zulkifli, Zulkifli (2023) Efektivitas Program Keluarga Harapan ( PKH) Dalam Mengentaskan Kemiskinan Menurut Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Kasus : Nagari Aie Tajun Kecamatan Lubuk Alung). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I e.pdf - Published Version

Download (630kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB V DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ZULKIFLI_1713060122_FULLTEX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Efektivitas Program Keluarga Harapan ( PKH) Dalam Mengentaskan Kemiskinan Menurut Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Kasus : Nagari Aie Tajun Kecamatan Lubuk Alung)” disusun oleh Zulkifli NIM: 1713060122 Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Dalam hal ini penulis menyajikan suatu penelitian tentang bagaimana efektivitas dari Program Keluarga Harapan dalam Mengentaskan Kemiskinan terkhusus di Nagari Aie Tajun Kecamatan Lubuk Alung. Karena permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang dihadapi oleh seluruh negara di dunia. Baik negara maju ataupun negara berkembang. Dalam upaya penanganan penurunan angka kemiskinan, tentu pemerintah Indonesia mengupayakan segala hal untuk menekan angka kemiskinan di negara ini. Sebagaimana yang tercantum dalam Undang Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945. Salah satu bentuk kebijakan atau program pemerintah dalam hal menangggulangi kemiskinan adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah dicanangkan sejak tahun 2007. Program perlindungan sosial yang juga dikenal di dunia Internasional dengan istilah Conditional Cash Transfer (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis. Bukti keberhasilan dari program ini dapat dilihat dari meningkatnya konsumsi Rumah Tangga penerima manfaat di Indonesia yakni sebesar 4,8% pada 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) di Nagari Aie Tajun Kecamatan Lubuk Alung serta untuk mengetahui bagaimana PKH dalam persepktif Ekonomi Islam. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan atau Field Research dengan metode Kualitatif yang mana pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik wawancara serta untuk penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Puposive Sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) di Nagari Aie Tajun Kecamatan Lubuk Alung dalam mengentaskan kemiskinan yang mana di ukur dengan menggunakan Teori yang diungkapkan oleh Sutrisno dengan lima indikator keberhasilan suatu program yakni, Pemahaman program, Tepat sasaran, Tepat waktu, Tercapainya tujuan, serta Perubahan nyata sudah bisa dikatakan efektif. Serta dalam pandangan Ekonomi Islam secara Maqashid Syariah yang diungkapkan oleh Al-Syatibi pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Nagari Aie Tajun Kecamatan Lubuk Alung mendapatkan nilai yang efektif, dimana penggunaan dana bantuan diutamakan KPM untuk kebutuhan Dharuriyyat. Kata Kunci : Efektivitas, Program Keluarga Harapan, Maqashid Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program keluarga harapan, Maqashid syariah,
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:47
Last Modified: 13 Mar 2023 03:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item View Item