Dampak Kegiatan Pertambangan Batuan Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Daerah Aliran Sungai Manjuto di Kecamatan V Koto Kabupaten Mukomuko

Tobi Sandri, Tobi (2023) Dampak Kegiatan Pertambangan Batuan Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Daerah Aliran Sungai Manjuto di Kecamatan V Koto Kabupaten Mukomuko. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi Dan bisnis Islam.

[img] Text (Cover, pengesahan, persetujuan, keorisinilan, persembahan, kata pengantar, abstrak dan daftar isi)
Tobi Sandri_1713060175_Cover_dll ;.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab I)
Tobi Sandri_1713060175_Bab I.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text (Bab II)
Tobi Sandri_1713060175_Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
Tobi Sandri_1713060175_Bab III.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (Bab IV)
Tobi Sandri_1713060175_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V, Daftar Pustaka dan Lampiran)
Tobi Sandri_1713060175_Bab V, Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version

Download (734kB)
[img] Text (Fulltext)
Tobi Sandri_1713060175_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Dampak Kegiatan Pertambangan Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Daerah Aliran Sungai Manjuto di Kecamatan V Koto Kabupaten Mukomuko” yang di susun oleh Tobi Sandri, NIM.17130600175. Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Kegiatan pertambangan tentunya memberikan dampak lanjutan berupa dampak sosial ekonomi dan lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam dengan eksploitasi terhadap bahan galian umumnya dilakukan tanpa memikirkan keselamatan alam dan lingkungan. Hal ini disebabkan karena kepentingan ekonomi yang tinggi dibandingkan dengan meminimalisirkan dampak yang akan terjadi. Aktivitas tambang yang tidak terkelola dengan baik memberikan dampak terhadap tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, pendapatan, partisipasi dalam masyarakat, kepemilikan, kesehatan, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak kegiatan pertambangan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat daerah aliran Sungai Manjuto di Kecamatan V Koto Kabupaten Mukomuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel yang di gunakan pada penelitian ini sebanyak 20 orang responden yaitu pihak tambang dan masyarakat di Kecamatan V Koto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertambangan batuan di Kecamatan V Koto memberikan dampak sosial dan ekonomi. Dilihat dari segi sosial, pertambangan membawa dampak berupa kebisingan, perubahan pola kehidupan dan tatanan sosial masyarakat serta konflik, perubahan status sosial, seperti peningkatan kualitas hidup dan kepemilikan, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan dan kesehatan, meningkatkan lapangan pekerjaan dan menurunkan angka kriminalitas serta meningkatkan etos kerja masyarakat. Dilihat dari segi ekonomi, pertambangan membawa dampak berupa peralihan pekerjaaan masyarakat,dan pengelolaan lahan dan produktivitas pertanian kurang di perhatiakan. Sedangkan dampak positif seperti muncul peluang usaha baru, peningkatan pendapatan masyarakat serta memberikan peluang kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar tambang dan meningkatkan pembangunan desa. Kata Kunci: Dampak Pertambangan, Sosial dan Ekonomi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:48
Last Modified: 13 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item View Item