Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Kontekstual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas VII di MTs Negeri Pariaman Selatan

Neli, Intan (2018) Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Kontekstual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas VII di MTs Negeri Pariaman Selatan. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER)
COVER (PESETUJUAN PMB) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (787kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “PelaksanaanStrategi Pembelajaran Kontekstual Teaching And Learning (CTL) dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri Pariaman Selatan”. Disusun oleh Neli Intan Putri, NIM 1314010126. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa gejala prilaku siswa dalam pembelajaran seperti kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar, perhatian siswa tidak secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari, rendahnya minat belajar siswa, serta sulitnya siswa dalam menerapkan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.Ini terlihat dari observasi awal penulis di MTsN Pariaman Selatan banyaknya siswa yang masih rendah hasil belajarnya. permasalahan ini bukan sepenuhnya kesalahan siswa tetapi juga dipengaruhi oleh Strategi Pembelajaran Guru Bidang studi Al-Qur’an Hadis dalam mencapai hasil belajar yang optimal. maka penulis tertarik ingin mengkaji lebih jauh lagi bagaimana strategi yang digunakan oleh Guru Bidang Studi Al-Qur’an Hadis di MTsN Pariaman Selatan. Rumusan penelitianini adalah Bagaimanakah pelaksanaan strategi pembelajaran Kontextual Teaching and Learning (CTL) DalamPembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri Pariaman Selatan. Adapun batasan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri Pariaman Selatan? 2) Bagaimanakah pelaksanaan Strategi Pembelajaran Kontextual Teaching And Learning (CTL) 3) Bagaimanakah hasil belajar yang diperoleh dengan menggunakan strategi pembelajaran Kontextual Teaching And Learning (CTL)? Bentuk dan jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang diajukankepada guru Al-Qur’an Hadist dan peserta didik kelas VII di MTsN Pariaman Selatan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan strategi yang digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadist meliputi: 1)Perencanaan Pembelajaran dengan menerapkan strategi Kontekstual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTsN Pariaman Selatan sudah disiapkan sebelum proses pembelajaran atau tatap muka di kelas dilakukan. 2) Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan strategi Kontekstual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTsN Pariaman Selatan sudah terlaksana walaupun belum sempurna, dalam melaksanakan tujuh tahapan strategiKontekstual Teaching and Learning (CTL). 3) Hasil belajarstrategi Kontekstual Teaching And Learning (CTL) membuat siswa aktif, lebih bersemangat dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, bisa menemukan sendiri materi pelajaran dan menjadikan pembelajaran menjadi bermakna, dapat mengaplikasikan materi palajaran yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai yang diperoleh meningkat dibandingkan dengan menggunkan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects:
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2018 08:57
Last Modified: 05 Nov 2018 08:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item