Analisis Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Tingginya Angka Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Sumatera Barat

Fitra Anyon Pertama, Fitra (2023) Analisis Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Tingginya Angka Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi)
cover dan surat lainnya.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 (1).pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 11.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (3).pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 1V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN dan Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text (Full Text)
skripsi lengkap fitra .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berapa pengaruh tingkat pendidikan dan tingkat pengangguran terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder kuantitatif pada rentang waktu antara tahun 2018-2021. Data diperoleh dari Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara variabel independent terhadap variabel dependent dengan bantuan SPSS 16. Pada tahun 2018 hingga 2021 pendidikan dan pertumbuhan ekonomi saling memiliki hubungan yang positif, kecuali pada tahun 2020 dimana kenaikan laju Pendidikan justru diikuti dengan penurunan laju pertumbuhan ekonomi. Hal ini tentu bertentangan dengan Teori Modal Manusia yang menyatakan bahwa semakin meningkatnya keterampilan dan pengetahuan pada masyarakat melalui program Pendidikan maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat dikarenakan produktivitas masyarakat yang meningkat.Pada tahun 2018 hingga 2021 pengangguran dan pertumbuhan ekonomi saling memiliki hubungan yang negatif, dengan kenaikan pengangguran tertinggi terjadi pada tahun 2020 yaitu sebesar 23,81% yang kemudian diikuti dengan penurunan pertumbuhan pertumbuhan ekonomi yaitu sebesar -1,61%. Hal ini sesuai dengan pernyataan Hukum Okun yang menyatakan bahwa tingkat pengangguran dan pertumbuhan ekonomi salin memiliki hubungan yang negatif satu sama lain. Peningkatan pengangguran yang tinggi pada tahun 2020 diduga disebabkan oleh pandemic covid-19 yang membuat perekonomian menjadi lesu serta tingkat pemutusan hubungan kerja yang tinggi pada saat itu. Islam sangat melarang meminta-minta, maka hal ini mendasari bahwa setiap orang wajib untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhannya, dan juga Islam juga melarang bekerja tapi pakerjaan nya itu adalah sesuatu yang dilarang atau haram dalam Islam. Dalam Islam kerja keras sangat dianjurkan selama tidak bertentangan dengan aturan yang ada pada agama Islam, jadi tidak ada alasan bahwa Islam mengajarkan malas, namunIslam mnegajarkan bekerja keras tapi tetap berada dalam jalur yang dibolehkan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan; Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Sumatera Barat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:02
Last Modified: 14 Mar 2023 03:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item