PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NIGSAW II TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VIII MTsN 2 KOTA PARIAMAN

yana yuli ana putri, yana (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NIGSAW II TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VIII MTsN 2 KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, universitas islam negeri imam bonjol padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
pdf UPLOAD.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.doc - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN OK.pdf - Published Version

Download (782kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
pdf UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KATA KUNCI:Model pembelajaran, tipe jigsaw II, pemahaman konsep siswa ABSTRAK:Yana Yuli Ana Putri. NIM 1314080259. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Fisika kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman, Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2017. Hal: 1-87. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman yang disebabkan karena kurang terlibatnya peserta didik dalam pembelajaran seperti bertanya dan mengemukakan pendapat serta kurangnya interaksi antara pendidik dengan peserta didik, sesama peserta didik serta peserta didik dengan lingkungan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik tidak memahami mengenai konsep yang dipelajari sehingga menganggap fisika itu sulit dan membosankan akhirnya bermuara pada hasil belajar fisika yang rendah atau dengan kata lain berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan di sekolah tersebut. Banyak model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan interaksi peserta didik sehingga pemahaman konsep peserta didik meningkat, diantaranya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II lebih baik dari pemahaman konsep fisika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasy Experiment, dengan rancangan penelitian Randomized `Control-Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep menggunakan tes essay. Tes diberikan kepada kedua kelas sampel sebanyak 10 butir soal essay. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji-t karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar fisika peserta didik pada ranah kognitif 78,19 pada kelas eksperimen dan 71,88 pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh, dan pada taraf nyata 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa , sehingga ditolak dan diterima. Kesimpulan yang didapat bahwa “model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II lebih baik terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran Fisika kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2018 01:06
Last Modified: 23 Nov 2018 01:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item