Penerapan Model Kooperatif Tipe TAI (Team Accelerated Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Kelas VIII MTsN 2 Padang

Dr. Hj. Prima Aswirna, S.Si.M.Sc, Prima and Nurhasnah, M.SI, Ana and Dr. Mulyadi, .SAg, M.Pd, Mulyadi and Hurriyah, S.SI, MT, Hurriyah (2018) Penerapan Model Kooperatif Tipe TAI (Team Accelerated Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Kelas VIII MTsN 2 Padang. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text
COVER, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP SIDRA MIYESA 1314080438.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sidra Miyesa NIM (1314080438) “Penerapan Model Kooperatif Tipe TAI (Team Accelerated Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Kelas VIII MTsN 2 Padang”. (Skripsi: 2018) tebal hal: 227 Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pelajaran IPA fisika. Pada saat proses pembelajaran kelompok, peserta didik yang pintar yang selalu berperan aktif dalam kelompoknya karena dalam pembelajaran kelompok peserta didik yang pandai tidak mau berbagi pengetahuan dengan temannya. Pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik ada yang tidur. Ketika diberikan contoh soal peserta didik yang pandai yang hanya bisa menjawab dan peserta didik yang lainnya hanya diam saja. Ketika pendidik meminta peserta didik menyimpulkan apa yang telah di pelajari, peserta didik semuanya terdiam dan tak ada yang mampu menjawab, kecuali jika mereka membuka kembali bukunya. Sehingga menyebabkan rendahnya Hasil belajar IPA fisika yang terlihat pada hasil belajar IPA fisika peserta didik kelas VIII MTsN 2 Padang. Untuk itu, perlu diterapkan suatu model yang dapat meningkatkan Hasil Belajar fisika peserta didik yaitu model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Di dalam model ini peserta didik tidak hanya bekerja dalam kelompok saja, akan tetapi secara individu juga diperhatikan. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari tingkat pemahaman materi pada pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika yang menerapkan model TAI (Team Assisted Individualization) lebih baik dari pada Hasil Belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika yang menerapkan model pembelajaran Diskusi kelompok di MTsN 2 Padang”. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 2 Padang Tahun Ajaran 2018/2019 Semester II yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan, diperolehlah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji kesamaan satu arah dengan menggunakan uji-t karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh kelas eksperimen lebih meningkat dari pada kelas kontrol. Pada aspek spiritual, kelas eksperimen mendapatkan tiga kriteria amat baik (A) dan satu kriteria baik (B) sedangkan kelas kontrol mendapatkan tiga kriteria baik (B) dan satu kriteria cukup (C). Pada aspek psikomotor, kelas eksperimen mendapatkan satu kriteria amat baik (A) dan tiga ktriteria baik (B) sedangkan kelas kontrol mendapatkan satu kriteria baik (B) dan tiga kriteria cukup (C). Pada aspek kognitif hasil belajar IPA siswa dikelas eksperimen adalah 80,2sedangkan pada kelas control adalah 74,5. Berdasarkan yang didapatdiperoleh, thitung =1,8dan ttabel = 1,68 pada taraf nyata 0,95. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu didapatkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan alat optik mata. Kesimpulan yang didapatkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe TAI bias digunakan pada materi cahaya dan alat optik untuk memberi hasil belajar yang lebih meningkat di kelas VIII MTsN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:25
Last Modified: 02 Jul 2018 03:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item