Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Kontrol Perilaku Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Membayar Zakat (Studi Kasus Pada Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang)

Emra, Rayhand Fahreza (2023) Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Kontrol Perilaku Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Membayar Zakat (Studi Kasus Pada Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
RAYHAND FAHREZA EMRA_1816030022_COVER.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (BAB I)
RAYHAND FAHREZA EMRA_1816030022_BAB 1.pdf - Published Version

Download (514kB)
[img] Text (BAB III)
RAYHAND FAHREZA EMRA_1816030022_BAB 3.pdf - Published Version

Download (657kB)
[img] Text (BAB IV)
RAYHAND FAHREZA EMRA_1816030022_BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (672kB)
[img] Text (FULLTEXT)
RAYHAND FAHREZA EMRA_1816030022_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan survei awal yang dilakukan, terdapat penurunan muzakki pada Dompet Dhuafa Singgalang kota Padang, sementara potensi zakat besar di wilayah Sumbar terutama pada kota Padang. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan muzakki dalam membayar zakat termasuk dalam Theory Planned Behavior yaitu sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegaruh variabel sikap, norma subjektif, dan kontrol terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat di Dompet Dhuafa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Muzakki yang berzakat di Dompet Dhuafa Kota Padang yang jumlah populasinya sebanyak 289 orang. Dan untuk sampelnya menggunakan sampel minimal menggunakan rumus slovin yang mana dibutuhkan jika populasi diketahui. Dengan skala likert 1 sampai 5. Teknik analisis Data yang di lakukan pada penelitian ini berupa statistik deskriptif, uji instrumen data (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis linear berganda (uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi) menggunakan SPSS 22 for windows dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat. Secara parsial sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Terhadap Keputusan Muzakki dalam Membayar Zakat
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:52
Last Modified: 13 Oct 2023 07:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

View Item View Item