Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan, dan manfaat terhadap minat menggunakan dompet digital Linkaja syariah : Studi kasus pegawai kantor di Kabupaten Tanah Datar

Muhammad Fachroni, - (2023) Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan, dan manfaat terhadap minat menggunakan dompet digital Linkaja syariah : Studi kasus pegawai kantor di Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Abstrak, dan Daftar Isi)
Cover,dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (657kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

LinkAja Syariah merupakan sistem pembayaran digital berbasis syariah yang diharapkan dapat memberikan andil dalam perkembangan ekonomi dan keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi keamanan, persepsi kemudahan, dan persepsi manfaat terhadap minat menggunakan LinkAja Syariah pada pegawai kantor di Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, uji t, dan uji F dengan STATA 14.2. Populasi dari penelitian ini yaitu pegawai kantor yang pernah menggunakan dan yang ingin menggunakan layanan LinkAja Syariah. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dengan pembagian 70 orang bagi yang pernah menggunakan dan 30 orang yang belum pernah menggunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi keamanan dan kemudahan memiliki pengaruh negatif terhadap minat menggunakan LinkAja Syariah bagi yang pernah menggunakan, sementara itu persepsi keamanan dan kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan bagi yang belum pernah menggunakan LinkAja Syariah, persepsi manfaat memiliki pengaruh positif terhadap minat menggunakan LinkAja Syariah bagi yang pernah menggunakan tetapi memiliki pengaruh negatif bagi yang belum pernah menggunakan LinkAja Syariah Sementara itu, persepsi keamana, kemudahan, dan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat penggunaan layanan LinkAja Syariah. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya LinkAja dapat mempertimbangkan faktor-faktor tersebut agar dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan layanan LinkAja Syariah. Selain itu, variabel keamanan dan kemudahan mempunyai pengaruh paling besar terhadap minat penggunaan layanan LinkAja Syariah dibanding variabel lainnya. Oleh karena itu, pihak LinkAja hendaknya lebih gencar melakukan sosialisasi dan promosi terkait kemudahan dan manfaat pada sistem pembayaran dan fitur-fitur di LinkAja Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:02
Last Modified: 10 Mar 2023 01:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item