Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Indeks Pembangunan Manusia, dan Pengangguran terhadap Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat

Ziddan Muhammad Al Badri, Zidan (2023) Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Indeks Pembangunan Manusia, dan Pengangguran terhadap Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover,Abstrak,Pengesahan)
file 1.pdf - Published Version

Download (862kB)
[img] Text (BAB I)
file 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
file 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
file 4.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
file 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
file 6.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah global yang dari dulu sampai sekarang masih dibahas oleh seluruh negara di dunia ini baik itu negara maju, berkembang maupun negara miskin dikarenakan kemiskinan ini dapat menyebabkan berbagai macam masalah perekonomian di suatu negara. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh pendidikan, kesehatan, indeks pembangunan manusia, dan pengangguran terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan menggunakan alat analisis data panel yang terdiri dari data time series dari tahun 2017-2021 dan data cross section atas 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat. Model analisis terbaik yang digunakan untuk mengestimasi model regresi data panel dalam penelitian ini adalah model Random Effect Model. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pendidikan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kemiskinan, kesehatan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh negatif secara signifikan terhadap kemiskinan, sedangkan pengangguran berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel pendidikan, kesehatan dan penganggruan berpengaruh terhadap kemiskinan namun tidak signifikan di Provinsi Sumatera Barat, sedangkan variabel Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Kebijakan yang dapat direkomendasikan oleh hasil penelitian ini adalah membuat/memperkuat kebijakan yang memprioritaskan peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia untuk mengurangi kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat, baik dari segi pendidikan, kesehatan maupun ekonomi masyarakat. Hal ini terjadi karena hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti menunjukan adanya pengaruh indeks pembangunan manusia secara signifikan terhadap kemiskinan di Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan; Pendidikan; Kesehatan; IPM; Pengangguran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:52
Last Modified: 16 Feb 2023 02:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11642

Actions (login required)

View Item View Item