Pelaksanaan Layanan Konseling Individual Dalam Mengentaskan Permasalahan Yang Dialami Anak Korban Kekerasan Seksual Di Nurani Perempuan Women’s Crisis Center Kota Padang

Sanditia Putra Alfiyanto, - (2022) Pelaksanaan Layanan Konseling Individual Dalam Mengentaskan Permasalahan Yang Dialami Anak Korban Kekerasan Seksual Di Nurani Perempuan Women’s Crisis Center Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
SANDITIA PUTRA ALFIYANTO_1812020043_BAB I - Sanditia Putra Alfiyanto.pdf

Download (739kB)
[img] Text (Bab II)
SANDITIA PUTRA ALFIYANTO_1812020043_BAB II - Sanditia Putra Alfiyanto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
SANDITIA PUTRA ALFIYANTO_1812020043_BAB III - Sanditia Putra Alfiyanto.pdf

Download (851kB)
[img] Text (Bab IV)
SANDITIA PUTRA ALFIYANTO_1812020043_BAB IV - Sanditia Putra Alfiyanto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
SANDITIA PUTRA ALFIYANTO_1812020043_BAB V dan DAFTAR PUSTAKA - Sanditia Putra Alfiyanto.pdf

Download (851kB)
[img] Text
SANDITIA PUTRA ALFIYANTO_1812020043_cover dll - Sanditia Putra Alfiyanto.pdf

Download (951kB)
[img] Text (Fulltext)
SANDITIA PUTRA ALFIYANTO_1812020043_skripsi fultext - Sanditia Putra Alfiyanto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kekerasan seksual pada anak merupakan tindakan seksual dilakukan orang dewasa dalam mencari kepuasan seksual dari seorang anak, agar tidak terjadi kondisi lebih buruk maka dilakukan layanan konseling individual oleh konselor di Nurani erempuan.Beranjak dari teori Prayitno layanan konseling individual merupakan layanan yang dilakukan dalam pelaksanaan pengentasan masalah klien, termasuk masalah anak korban kekerasan seksual. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tahap dan teknik pelaksanaan layanan konseling Individual. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field esearch) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek Penelitian yang dijadikan sampel penelitan ini adalah konselor yang melaksanakan layanan konseling individual dalam mengentaskan permasalahan yang dialami anak korban kekerasan seksual dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data ini adalah data reduction (reduksi data),data display (penyajian data) dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian di lapangan menunjukan, bahwa: Tahap awal, sejak awal terdapat prosedur melaksanakan layanan konseling individual dan konselor membangun hubungan dengan anak korban kekerasan seksual. Tahap kedua,konselor memberikan suasana yang positif, serta konselor mampu mengidentifikasi dan dan penilaian terhadap permasalahan yang dialami anak korban kekerasan seksual, memberikan masukan kepada anak. Tahap ketiga, pada tahap ketiga konselor melakukan memfasilitasi perubahan anak. Tahap keempat,melakukan evaluasi kepada anak atas semua keputusan yang telah disepakati.Sedangkan, teknik umum yaitu ajakan untuk memikirkan sesuatu yang lain,penerimaan terhadap klien, menunjukkan bahwa konselor memperhatikan klien (empati), mendengar, memahami dan merespon (3M), serta ajakan untuk berbicara, pertanyaan terbuka, peneguhan hasrat, dan penyimpulan, pemberian informasi, pemberian contoh dan pemberian nasehat kepada klien, sentuhan jasmani, dorongan minimal, refleksi. pemberian contoh, penguatan, dan penenangan. Sementara itu, teknik khusus teknik konseling melalui bermain,teknik friendship, teknik menggunakan board games.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:43
Last Modified: 16 Jun 2023 07:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11623

Actions (login required)

View Item View Item