Problema Lansia Dalam Mewujudkan Kebahagiaan Di Korong Batang Piaman, Nagari Koto Dalam Barat, Kec.Padang Sago, Kab. Padang Pariaman Dalam Tinjauan Bimbingan Dan Konseling Islam

Linda Marliani, - (2022) Problema Lansia Dalam Mewujudkan Kebahagiaan Di Korong Batang Piaman, Nagari Koto Dalam Barat, Kec.Padang Sago, Kab. Padang Pariaman Dalam Tinjauan Bimbingan Dan Konseling Islam. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Linda Marliani_1812020061_BAB I - linda marliani.pdf

Download (429kB)
[img] Text (Bab II)
Linda Marliani_1812020061_BAB II - linda marliani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
Linda Marliani_1812020061_BAB III - linda marliani.pdf

Download (209kB)
[img] Text (Bab IV)
Linda Marliani_1812020061_BAB IV - linda marliani.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text
Linda Marliani_1812020061_BAB V-DAFTR PUSTAKA - linda marliani.pdf

Download (461kB)
[img] Text
Linda Marliani_1812020061_Cover,dll - linda marliani.pdf

Download (592kB)
[img] Text (Fulltext)
Linda Marliani_1812020061_Fulltext - linda marliani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terjadi pada sebagian lansia, yang sendirian di rumah sederhana yang bisa dibilang tidak layak huni. Mereka berusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya serta diantaranya, ada yang tidak mendapatkan perhatian lebih dari anak dan keluarganya. Bahkan ada yang berkeluh kesah karena tidak ada orang untuk ia berbagi cerita dimasa tuanya dan juga masih ada lansia yang belum menjalankan sholat lima waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problemalansia dalam mewujudkan kebahagiaan dari aspek fisiologis, psikologis dan spritualitas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dengan kriteria berusia 70 – 90 tahun, tinggal sendiri di rumah tidak layak huni dan tidak berpenghasilan tetap, dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan wawancara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) Ciri-ciri problema lansia dalam mewujudkan kebahagiaan dari aspek fisiologis, yakni lansia masih bekerja dalam memenuhi kebutuhan setiap harinya di karenakan tidak memiliki pengahasilan tetap serta masih ada yang menunggu balas kasian dari orang sekitarnya terutama anak dan keluarganya. (2) Ciri-ciri problema lansia dalam mewujudkan kebahagiaan dari aspek psikologis, yakni lansia merasa kesepian dan merasa tidak ada yang melindunginya karena tinggal sendirian di rumah yang tidak layak huni, lansia masih belum diperhatikan secara baik oleh anaknya serta kurangnya akan rasa empati, pengertian dan juga simpati dari keluarganya serta lansia diperlakukan tidak sopan oleh anak dan keluarganya bahkan tidak dihargai keberadaanya. (3) Ciri-ciri problema lansia dalam mewujudkan kebahagiaan dari aspek spritualitas, yakni lansia masih banyak kendala-kendala tersendiri dalam menjalankan ibadahnya setiap hari seperti tidak ada air untuk berwudhu, dan malas menjalakan ibadah seerta lansia takut dan cemas dalam menghadapi kematian karena belum sepenuhnya menjalankan ibadah dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:33
Last Modified: 10 Jul 2023 02:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

View Item View Item