Pembinaan Keberagamaan Dalam Pembentukan Karakter Yang Islami Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung.

Laras Yulia Putri, - (2022) Pembinaan Keberagamaan Dalam Pembentukan Karakter Yang Islami Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Laras Yulia Putri_1612020014_BAB I - Fitri Lathifa.pdf

Download (702kB)
[img] Text (Bab II)
Laras Yulia Putri_1612020014_BAB II - Fitri Lathifa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
Laras Yulia Putri_1612020014_BAB III - Laras yulia Putri.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Bab IV)
Laras Yulia Putri_1612020014_BAB IV - Laras yulia Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
Laras Yulia Putri_1612020014_BAB V-Daftar Pustka - Laras yulia Putri.pdf

Download (581kB)
[img] Text
Laras Yulia Putri_1612020014_cover dll - Laras yulia Putri.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Laras Yulia Putri_1612020014_Fulltext - Fitri Lathifa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung merupakan contoh orang yang melakukan tindakan negatif berupa kejahatan melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Mereka hendaklah dibina dan dibimbing dalam menumbuh kembangkan kesadaran beragama. Pembinaan keberagamaan berfungsi membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlaq mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama. Maka yang dijadikan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan keberagamaan dalam Pembentukan Karakter yang Islami terhadap Narapida di Lembaga Kemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung, batasan maslahnya adalah bentuk-bentuk pembinaan, metode pembinaan dan kendala yang dialami pembina dalam proses pembinaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk-bentuk, metode dan kendala dalam pembinaan keberagamaan dalam pembentukan karakter yang Islami narapidana yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tiga orang pembina dan dua orang petugas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan peberikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama bentuk-bentuk pembinaan keberagamaan yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung yaitu pertama pembinaan ceramah agama yang terdiri dari penegrtian, tujuan penerapan, pelaksanaan dan materi ceramag agama, pembinaan belajar al-qur’an terdiri dari bacaan al-qur’an, panjang pendek ayat dan tajwid dan pembinaan shalat jenazah terdiri dari bacaan shalat dan gerakan shalat jenazah. Kedua metode yang digunakan dalam pembinaan ceramah agama menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan keteladanan, pembinaan belajar al-qur’an menggunakan metode kelompok, ceramah, dan demonstrasi, pembinaan sholat jenazah menggunakan metode pembinaan berdasarkan situasi, klasifikasi atau pengelompokkan dan ceramah. Ketiga kendala yang dialami oleh pembina dalam proses pembinaan yaitu tidak seriusnya narapidana dalam mengikuti pembinaan, serta kurangnya koordinasi dan komunikasi pembina dengan petugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:00
Last Modified: 10 Jul 2023 03:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item