Peran Orang Tua dalam Membimbing Kecerdasan Emosional Anak di Jorong Ampang Gadang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman (Tinjauan Konseling Isam)

Ilma Riwanti, - (2022) Peran Orang Tua dalam Membimbing Kecerdasan Emosional Anak di Jorong Ampang Gadang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman (Tinjauan Konseling Isam). Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Ilma Riwanti_1712020059_Bab I - Ilma Riwanti.pdf

Download (408kB)
[img] Text (Bab II)
Ilma Riwanti_1712020059_Bab II - Ilma Riwanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
Ilma Riwanti_1712020059_Bab III - Ilma Riwanti.pdf

Download (193kB)
[img] Text (Bab IV)
Ilma Riwanti_1712020059_Bab IV - Ilma Riwanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
Ilma Riwanti_1712020059_Bab V - Daftar Pustaka - Ilma Riwanti.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Ilma Riwanti_1712020059_Cover dll - Ilma Riwanti.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Fulltext)
Ilma Riwanti_1712020059_Fulltext - Ilma Riwanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi emosional anak yang berlebihan dalam mengekspresikan emosional negatif yang cenderung cepat marah. Seperti anak yang suka berkata kotor, suka melempar barang di sekitar dan berteriak berlebihan saat sedang marah di Jorong Ampang Gadang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman.Sehingga perlu peran orang tua dalam mengendalikan emosi pada anak. Batasan masalah penelitian ini yaitu bagaimana peran orang tua dalam memberikan pengarahan kepada anak ketika mengenali emosi dirinya, mengawasi anak ketika mengelola emosinya dan membantu anak dalam memotivasi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam membimbing kecerdasan emosional pada anak dilihat dari aspek mengenali emosi anak, mengelola emosi anak dan memotivasi diri anak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research)dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 7 sampai 12 tahun berjumlah 10 (sepuluh) orang tua yang ditetapkan dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Memberikan pengarahan kepada anak ketika mengenali emosi dirinya dalam membimbing kecerdasan emosional anak yaitu masih terdapat kekurangan orang tua dalam mengenali emosi anak dan orang tua tidak bisa mengendalikan emosi negatif yang dirasakan anaknya. 2) Mengawasi anak ketika mengelola emosinya dalam membimbing kecerdasan emosional anak yaitu saat anaknya dalam keadaan emosional orang tua tidak mengendalikan emosi anak sehingga menyebabkan anak tersebut marah-marah dan menyebabkan anak tersebut melemparkan barang dan berkata-kata kotor. 3) Memotivasi anak dalam membimbing kecerdasan emosional, orang tua masih ada yang kurang mendukung minat dan bakat yang ada pada anaknya seolah orang tua tidak peduli sama anaknya, dan ada juga orang tua yang memberikan semangat serta mendukung apapun yang dilakukan oleh anak selagi itu positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 10 Jul 2023 05:18
Last Modified: 10 Jul 2023 05:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11601

Actions (login required)

View Item View Item