PERSEPSI JAMA’AH MASJID TERHADAP JAMA’AH TABLIGH DI MASJID AL-HIDAYAH KELURAHAN TABIANG BANDA GADANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG

Fauzan, Fauzan (2017) PERSEPSI JAMA’AH MASJID TERHADAP JAMA’AH TABLIGH DI MASJID AL-HIDAYAH KELURAHAN TABIANG BANDA GADANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG. Skripsi thesis, u.

[img] Text
COVER.pdf

Download (74kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)
[img] Other (pengesahan tim penguji)
PENGESAHAN TIM PENGUJI.PDF

Download (136kB)
[img] Other (persetujuan pembimbing)
PERSETUJUAN PEMBIMBING.PDF

Download (99kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (734kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BIODATA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Persepsi Jama’ah Masjid Terhadap Jama’ah Tabligh Di Masjid Al-Hidayah Kelurahan Tabiang Banda Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Disusun oleh Fauzan, NIM: 211.061 pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh tidak menerimnya jama’ah masjid terhadap keberadaan jama’ah tabligh di Masjid Al-Hidayah Kelurahan Tabiang Banda Gadang Kecamatan Nanggalo. Tindakan tidak menerima jama’ah masjid adalah tidak datang ke masjid untuk shalat berjama’ah karena ada jama’ah tabligh. Bentuk tindakan tidak menerima yang lainnya adalah sebagian jama’ah mengeluarkan kata-kata yang menunjukkan tidak menerima keberadaan jama’ah tabligh. Secara teoritis tindakan seseorang terhadap suatu objek dipengaruhi oleh persepsi, dimana persepsi itu sendiri terdiri dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Sehubungan dengan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang kognitif, afektif dan psikomotor (kecendrungan tindakan terhadap suatu objek) jama’ah masjid terhadap jama’ah tabligh. Penelitian skripsi ini bersifat lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu sebuah penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan yang tampak sebagaimana adanya. Subjek penelitian adalah jama’ah masjid al-Hidayah Kelurahan Tabiang Banda Gadang Kecamatan nanggalo yang rutin shalat berjama’ah di masjid dan memungkinkan untuk dijadikan subyek penelitian. Sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, kemudian data yang didapatkan diolah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) aspek kognitif jama’ah masjid tentang jama’ah tabligh terbagi menjadi dua yaitu memiliki pemahaman yang baik terhadap jama’ah tabligh dan memiliki pemahaman yang buruk terhadap jama’ah tabligh. (2) Aspek afektif jama’ah masjid terhadap jama’ah tabligh terbagi menjadi dua: Pertama, menyukai keberadaan jama’ah tabligh. Kedua,tidak menyukai keberadaan jama’ah tabligh. (3) tindakan jama’ah masjid terhadap jama’ah tabligh terbagi menjadi dua: Pertama, jama’ah masjid tetap shalat berjama’ah di masjid, berdiskusi dengan jama’ah tabligh dan ikut dengan bayan jama’ah tabligh. Kedua, jama’ah masjid tidak datang shalat berjama’ah ke mesjid seperti biasanya, menghindar berada di samping jama’ah tabligh ketika shalat, cepat keluar dari masjid setelah shalat berjama’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Psicology Teology Religion > BL Religion > Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Users 89 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2021 03:42
Last Modified: 06 Aug 2021 03:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11598

Actions (login required)

View Item View Item