Peran Tokoh Masyarakat dalam Membirutring Akhlak Anak Putus Sekolah di Nagari Salido Kecamatan Murai Kabupaten Pesisir Selatan

Fitri Hasanah, - (2022) Peran Tokoh Masyarakat dalam Membirutring Akhlak Anak Putus Sekolah di Nagari Salido Kecamatan Murai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Fitri Hasanah _1712020068_BAB 1 - Fitri hasanah.pdf

Download (632kB)
[img] Text (Bab II)
Fitri Hasanah_1712020068_BAB II - Fitri hasanah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
Fitri Hasanah_1712020068_BAB III - Fitri hasanah.pdf

Download (632kB)
[img] Text (Bab IV)
Fitri Hasanah_171202068_BAB IV - Fitri hasanah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
Fitri Hasanah_1712020068_BAB V- daftar pustaka - Fitri hasanah.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Fitri Hasanah_1712020068_COVER DLL - Fitri hasanah.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Fulltext)
Fitri Hasanah_1712020068_FULLTEXT - Fitri hasanah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Bany-ak anak yang putus sekolah di Nagari Salido. yang berakhlak tidak baik. mengingat mereka adalah generasi penerus di Nagari, harusnya sebagai tokoh masS,arakat meniiiiki kepedulian terhadap mereka dalam membimbing akhlak anak yan-e putus sekolah di Nagari Saiido. Tujuan peneiitan ini aciaiah untuk mengetahui peran ninik mamak, alim ulama. dan cadiak pandai.dalam membimbing akhlak anak putus sekolah di Nagari Salido" Peneiiiian ini merupakan peneiitian iapangan {{ietd research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersitbt deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat dan anak putus di Nagari Salido. menggunakan teknik purposire sampling yang diperoieh seban-vak 9 orang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan war,vancara. Ilasii penelitian menunjukkan bahwa: Pertarna. Peran ninik dalam mernbimbing akhlak anak putus sekoiah di Nagari Salido adaiah rnengaiarkan mereka bagairnana berbicara dengan bahasa yang benar serta melibatkan anak tersebut dalam kegiatan remaja-rernaji yang bermanJ'aat dalam Nagari seperti:pencak siiat. kegiatan oiahraga" Kedila. Peran aiim uiama daieul membimbing akhlak anak putus sekolah di Nagari Salido adalah mengadakan kegiatan wirid di Masiid sekali dalam seminggu dan mengundang mereka untuk rapat di Masjid sekaii sebuian dalam rangka mengadai<an kegiatan Islami lainnya. Ketiga, Peran cadiak pandai dalam mernbimbing aLhlak anak putus sekolah di Nagari Salido adalah dengan mengadakan pelatilahan kerja untuk anak yang sudah tidak bersekolah agar tetap rnerniiilti keterarnpilan dan membantu membed biaSra bagi mereka 1,ang masih ingin bersekoiah tetapi tidak memiiiki biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:11
Last Modified: 11 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item