Upaya Ibu Tunggal Dalam Mewujudkan Kebahagiaan Keluarga di Kelurahan Sawahan Timur, Kota Padang dalam Tinjauan Konseling Islam

Febrini Putri, - (2022) Upaya Ibu Tunggal Dalam Mewujudkan Kebahagiaan Keluarga di Kelurahan Sawahan Timur, Kota Padang dalam Tinjauan Konseling Islam. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Febrini Putri_1712020073_Bab I - Febrini Putri.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
Febrini Putri_1712020073_Bab II - Febrini Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Febrini Putri_1712020073_Bab III - Febrini Putri.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
Febrini Putri_1712020073_Bab IV - Febrini Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
Febrini Putri_1712020073_Bab V _ Dapus - Febrini Putri.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Febrini Putri_1712020073_Cover dll - Febrini Putri.pdf

Download (667kB)
[img] Text (Fulltext)
Febrini Putri_1712020073_Fulltext - Febrini Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ibu tunggal memiliki dilema tersendiri dalam mewujudkan kebahagiaan keluarga, seperti yang terdapat di Kelurahan Sawahan Timur, Kota Padang.Sebagai orang tua tunggal bagaimanapun tidak bisa memberikan perhatian secara utuh untuk memenuhi kebutuhan dan mewujudkan kebahagiaan anak-anak mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya ibu tunggal dalam memenuhi kebutuhan fisiologis anak, kebutuhan akan rasa aman pada anak,dan kebutuhan aktualisasi diri anak di Kelurahan Sawahan Timur, Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ibu tunggal di RW 4 Kelurahan Sawahan Timur. Teknik pengambilan sampel melalui purposive sampling yaitu pemilihan informan dengan pertimbangan tertentu. Informan utama penelitian ini adalah 5 orang ibu tunggal dan 5 subjek informasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukan, bahwa: 1) Upaya ibu tunggal dalam memenuhi kebutuhan fisiologis pada anak. Para ibu tunggal sadar bahwa dalam pemenuhan kebutuhan fisiologis sebenarnya adalah tanggung jawab suami. Akan tetapi dikarenakan mereka sudah bercerai dengan suami mereka, maka merekalah yang harus memenuhi kebutuhan fisiologis anak-anak mereka. Adapun yang dapat dilakukan oleh ibu tunggal untuk memenuhi kebutuhan fisiologis anak yaitu dengan cara berjualan.2) Upaya ibu tunggal dalam memenuhi kebutuhan akan rasa aman pada anak, para ibu tunggal dapat memenuhi kebutuhan akan rasa aman yaitu dengan cara melawan rasa ketergantungannya pada mantan suaminya, melawan rasa cemas mereka dengan cara percaya diri bahwa mereka bisa memenuhi kebutuhan keluarga, dan melindungi anak-anak mereka. 3) Upaya ibu tunggal dalam memenuhi kebutuhan aktualisasi diri pada anak, para ibu tunggal dapat memenuhi kebutuhan aktualisasi diri dengan cara mengetahui kemampuan yang mereka punya, lalu kemampuan tersebutlah yang mereka gunakan untuk mencari nafkah. Para ibu tunggal juga selalu mendukung bakat dan minat yang dimiliki oleh anak-anak mereka selagi itu bersifat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:25
Last Modified: 11 Jul 2023 03:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item View Item