Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Pelaksanaan Wudhu Pada Remaja Di Masjid Bahrul ‘Ulum di Kel. Koto Lua Kec. Pauh Kota Padang

Dian Novita Sari, - (2022) Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Pelaksanaan Wudhu Pada Remaja Di Masjid Bahrul ‘Ulum di Kel. Koto Lua Kec. Pauh Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Dian Novita Sari_1812020073_BAB I - Dian Novita Sari.pdf

Download (727kB)
[img] Text (Bab II)
Dian Novita Sari_1812020073_BAB II - Dian Novita Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] Text
Dian Novita Sari_1812020073_BAB III - Dian Novita Sari.pdf

Download (592kB)
[img] Text (Bab IV)
Dian Novita Sari_1812020073_BAB IV - Dian Novita Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
Dian Novita Sari_1812020073_BAB V - Dian Novita Sari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dian Novita Sari_1812020073_Cover - Dian Novita Sari.pdf

Download (687kB)
[img] Text (Fulltext)
Dian Novita Sari_1812020073_Fulltext - Dian Novita Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pelaksanaan siklus I layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemahaman wudhu pada remaja di Masjid Bahrul ‘Ulum Kelurahan Koto Lua Kecamatan Pauh Kota Padang dan untuk mengungkapkan pelaksanaan siklus II layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaan tata cara wudhu’ pada remaja di Masjid Bahrul ‘Ulum Kelurahan Koto Lua Kecamatan Pauh Kota Padang Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Secara garis besar pelaksanaan PTBK ini berupa proses pengkajian yang terdiri dari empat tahap yaitu, merencanakan, melakukan tindakan, mengamati dan merefleksi. Sedangkan sumber data yang peneliti ambil berupa hasil wawancara, lembaran observasi, satlan, angket, laiseg dan lembaran daftar hadir klien bimbingan kelompok serta foto dan rekaman video selama proses pelaksanaan tindakan layanan bimbingan kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan di Masjid Bahrul ‘Ulum khususnya remaja dalam dua siklus, efektif dilakukan untuk melihat peningkatan remaja dalam proses pelaksanaan wudhu yang mereka lakukan selama ini belum bisa dikategorikan dengan pelaksanaan wudhu yang baik dan benar. Hasilnya dapat dilihat pada siklus I peserta belum bisa memahami dan menemukan masalah dari materi yang diberikan. Hal ini terjadi karena pertemuan pertama dan penyampaian materi oleh pemimipin kelompok belum efektif. Data ini bisa dilihat dari tabel lembaran hasil observasi siklus I nilai persen yang didapatkan hanya 45,45%, kriteria yang didapatkan belum sesuai batas keberhasilan. Hasil yang didapatkan pada siklus II ini kegiatan bimbingan kelompok sudah makin berkembang, peserta memberikan tanggapan yang sangat baik, peserta sudah bisa mengerti apa maksud dari kegiatan dan memahami materi dengan tepat, memberikan respon, dan kesimpulan pada materi serta dapat memberikan secara langsung praktek wudhu dengan baik dan benar dan berkomitment untuk lebih diterapkan kedepannya. Data ini bisa dilihat dari tabel lembaran hasil observasi siklus II nilai persennya adalah 90% kriteria yang didapatkan sudah sesuai dengan batas keberhasilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:41
Last Modified: 11 Jul 2023 03:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item