Pengaruh Influencer di Media Sosial Instagram terhadap Perilaku Prososial Followers: Studi pada Influencer Rachel Vennya

Dhea Prisilia, - (2022) Pengaruh Influencer di Media Sosial Instagram terhadap Perilaku Prososial Followers: Studi pada Influencer Rachel Vennya. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Dhea Prisilia_1812020036_Bab I - Dhea Prisilia.pdf

Download (456kB)
[img] Text (Bab II)
Dhea Prisilia_1812020036_Bab II - Dhea Prisilia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
Dhea Prisilia_1812020036_Bab III - Dhea Prisilia.pdf

Download (566kB)
[img] Text (Bab IV)
Dhea Prisilia_1812020036_Bab IV - Dhea Prisilia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
Dhea Prisilia_1812020036_Bab V-Daftar Pustaka - Dhea Prisilia.pdf

Download (710kB)
[img] Text
Dhea Prisilia_1812020036_Cover, dll. - Dhea Prisilia.pdf

Download (856kB)
[img] Text (Fulltext)
Dhea Prisilia_1812020036_Fulltext. - Dhea Prisilia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Influencer adalah seseorang atau figur yang memiliki banyak pengikut di media sosial seperti Instagram, Twitter, YouTube, dan sebagainya. Influencer cenderung berperan dalam memasarkan suatu produk yang diuploadnya melalui Instagram pribadi. Belakangan ini beberapa influencer menambah perannya berpartisipasi menjadi relawan penggalangan dana, yang merupakan bagian dari perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh influencer Rachel Vennya di media sosial Instagram terhadap perilaku prososial followersnya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah followers dari Instagram @rachelvennya dengan jumlah 6.558.794 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling, dengan jumlah sampel 365 orang yang bertempat tinggal di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket, dengan skala yang dipakai adalah skala influencer dan skala perilaku prososial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kategorisasi influencer Rachel Vennya di media sosial Instagram oleh followersnya lebih dominan adalah sedang dengan nilai sebanyak 246 atau (67,4%). 2) Kategorisasi perilaku prososial followers Instagram Rachel Vennya lebih dominan adalah sedang dengan nilai sebanyak 238 atau (65,2%). 3) Hasil analisis diperoleh influencer Rachel Vennya di media sosial Instagram berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku prososial followersnya karena > yaitu 18,593 > 1,96652, sehingga ditolak dan diterima, berarti terdapat pengaruh influencer di media sosial Instagram terhadap perilaku prososial followersnya. Kontribusi influencer di media sosial Instagram terhadap perilaku prososial followersnya adalah 48,8% sedangkan sisanya 51,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:38
Last Modified: 11 Jul 2023 07:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item