Kontrol Diri Mahasiswa Perantau dalam Pertemanan Sebaya di Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang

Asrha Fajri, - (2022) Kontrol Diri Mahasiswa Perantau dalam Pertemanan Sebaya di Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
ASRHA FAJRI_1712020075_Bab I - Asrha Fajri.pdf

Download (350kB)
[img] Text (Bab II)
ASRHA FAJRI_1712020075_Bab II - Asrha Fajri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
ASRHA FAJRI_1712020075_Bab III - Asrha Fajri.pdf

Download (136kB)
[img] Text (Bab IV)
ASRHA FAJRI_1712020075_Bab IV - Asrha Fajri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
ASRHA FAJRI_1712020075_Bab V dan Daftar Pustaka - Asrha Fajri.pdf

Download (335kB)
[img] Text
ASRHA FAJRI_1712020075_Cover - Asrha Fajri.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Fulltext)
ASRHA FAJRI_1712020075_Full Text - Asrha Fajri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Sebagian besar mahasiswa perantau tidak mampu mengontrol dirinya dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, sehingga muncul terjadinya kesalahpahaman. Bentuk kesalahpahaman dalam berkomunikasi adalah ketika mereka berkomunikasi dengan teman sehingga maksud dari perkataannya disalah artikan. Hal tersebut menyebabkan komunikasi dan kenyamanan mahasiswa dalam belajar menjadi terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontrol perilaku, kognitif dan mengontrol keputusan pada mahasiswa perantau dalam pertemanan sebaya di Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa: Pertama, bahwasannya informan pada aspek kontrol perilakunya yang baik lebih banyak dari pada yang memiliki kontrol perilakunya yang kurang baik, karena mereka belum bisa mengontrol perilaku dirinya sendiri dengan teman sebayanya. Kedua, bahwasanya pada aspek kontrol kognitif mahasiswa yang memiliki kurang baik lebih sedikit dari pada yang memiliki kontrol kognitif yang baik, mereka langsung menerima dengan baik informasi diberikan oleh temannya dan mereka tanpa ada sedikitpun kurang percaya terhadap informasi yang telah diberikan kepadanya. Ketiga, bahwanya pada aspek mengontrol keputusan mahasiswa yang baik lebih banyak karena mereka berani bila langsung mengambil keputusan tidak melihat kebelakang bagaimana hasilnya dan teman-teman sebaya juga mendukung dalam hal yang ia mengambil keputusan terhadap dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:05
Last Modified: 11 Jul 2023 08:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11591

Actions (login required)

View Item View Item