STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA MASYARAKAT DI KAWASAN SARIBU RUMAH GADANG KOTO BARU KABUPATEN SOLOK SELATAN

AFNI DILIA, AFNI DILIA (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA MASYARAKAT DI KAWASAN SARIBU RUMAH GADANG KOTO BARU KABUPATEN SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (FULLTEXT)
6. Afni Dilia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Pengembangan Objek Wisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Masyarakat Di Kawasan Saribu Rumah Gadang Koto Baru Kabupaten Solok Selatan’’. Di susun oleh Afni Dilia, Nim. 1816010112. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang. Perkembangan objek wisata adalah satu hal yang penting bagi suatu negara, karena dengan adanya objek wisata maka suatu negara atau lebih khusus lagi pemerintah daerah tempat objek wisata itu berada akan mendapatkan pemasukan dari pendapatan setiap objek wisata. Objek wisata yaitu sebuah industri yang menghasilkan berbagai jasa seperti perusahaan-perusahaan akomodasi (penginapan), angkutan wisata, biro perjalanan, restoran, hiburan dan berbagai usaha lainnya yang dapat di buka oleh masyarakat daerah sekitar objek wisata. Dalam salingkub nagari kabupaten Solok Selatan terdapat kampung adat terpopuler Indonesia, yaitu berada di kawasan objek wisata Kawasan Saribu Rumah Gadang. Objek wisata kawasan saribu rumah gadang ini, memiliki daya tarik dan potensi dalam meningkatkan pendapatan usaha masyarakat maupun pendapatan daerah yang saat ini masih dalam tahab perkembangan. Sebagian besar masyarakat sangat mendukung adanya kegiatan objek wisata ini, begitupun dengan pemerintah setempat. Berbagai strategi yang di lakukan pemerintah untuk pengembangan objek wisata ini begitupun dengan masyarakat yang ikut serta dalam perkembangan objek wisata. Jenis penelitian yang di ambil dalam penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan sekunder, kemudian pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian Strategi Pengembangan Objek Wisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Masyarakat di Kawasan Saribu Rumah Gadang Koto Baru Kabupaten Solok Selatan. Strategi pengembangan objek wisata di lakukan dengan cara mengembangkan sarana dan prasarana objek wisata, mengembangkan daya saing produk wisata, dan promosi. Karena dengan strategi pengembangan objek wisata ini, dapat menarik minat pengunjung untuk mengunjungi dan menikmati keindahan objek wisata Kawasan Saribu Rumah Gadang ini, sehingga berdampak terhadap peningkatan pendapatan usaha masyarakat, khususnya, di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Objek Wisata, Meningkatkan Usaha Masyarakat, Objek Wisata Kawasan Saribu Rumah Gadang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Objek Wisata, Meningkatkan Usaha Masyarakat, Objek Wisata Kawasan Saribu Rumah Gadang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:06
Last Modified: 16 Feb 2023 07:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11584

Actions (login required)

View Item View Item