STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM LANGKOK KULINER HALAL DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

ADEK PUTRA, ADEK (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM LANGKOK KULINER HALAL DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (FULL TEXT)
4. Adek Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan UMKM Langkok Kuliner Halal Dengan Pendekatan Business Model Canvas” disusun oleh Adek Putra, NIM 1816030075 Prodi Manajeme Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Padang Imam Bonjol Padang. Langkok Kuliner adalah salah satu UMKM industri makanan rendang yang diolah dari kerang (lokan). Namun Langkok Kuliner belum mampu menjalan model bisnis dengan efektif sehingga penjualan tiap tahunnya tidak mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis dari UMKM Langkok Kuliner serta strategi pengembangan dari UMKM Langkok Kuliner. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara kepada pemilik Langkok Kuliner. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang di gunakan dlam penelitian ini adalah Business Model Canvas model bisnis yang digunakan dan analisis SWOT untuk memabantu perumusan strategi alternatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa menurut analisisi matriks IFAS UMKM Langkok Kuliner memiliki sembililan kekuatan dan sembilan kelemahan. Faktor kekuatan terbesar terletak pada SDM yang berpengalaman dan kerja sama dengan beberapa pemasok sedangkan kelemahan terbesar pada belum adanya sertifikasi halal. Selisih antara faktor kekuatan dan kelemahan sebesar +0,72. Sedangkan hasil analisis EFAS manghasilkan sembilan peluang dan Sembilan ancaman paktor peluang terbesar pada segmen pasar yang masih luas dan membuat franchise dan ancaman terbesar persaingan dibidang kuliner yang ketat. Selisih antara faktor peluang dan ancaman adalah sebesar -0,04. Strategi yang dapat digunakan oleh Langkok Kuliner berdasarkan analisis IFAS dan EFAS, menempatkan Langkok Kuliner pada kuadran II. Posisi ini membuktikan bahwa perusahaan yang kuat namun menghadapi sejumlah ancaman yang besar. Kata kunci: Strategi Pengembangan, UMKM, Kuliner Halal, BMC, SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, UMKM, Kuliner Halal, BMC, SWOT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:30
Last Modified: 08 Feb 2023 04:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11582

Actions (login required)

View Item View Item