Strategi Public Relations Kantor Kementerian Agama Kota Padang Dalam Meningkatkan Citra Lembaga (Studi Tentang Operasional Humas Kantor Kementerian Agama Kota Padang)

Wati Gusriati, - (2022) Strategi Public Relations Kantor Kementerian Agama Kota Padang Dalam Meningkatkan Citra Lembaga (Studi Tentang Operasional Humas Kantor Kementerian Agama Kota Padang). Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
WATI GUSRIATI_1812010090_BAB I - Wati Gusriati.pdf

Download (423kB)
[img] Text (Bab II)
WATI GUSRIATI_1812010090_BAB II - Wati Gusriati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
WATI GUSRIATI_1812010090_BAB III - Wati Gusriati.pdf

Download (389kB)
[img] Text (Bab IV)
WATI GUSRIATI_1812010090_BAB IV - Wati Gusriati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
WATI GUSRIATI_1812010090_BAB V - Daftar Pustaka - Wati Gusriati.pdf

Download (472kB)
[img] Text
WATI GUSRIATI_1812010090_Cover - Wati Gusriati.pdf

Download (658kB)
[img] Text (Fulltext)
WATI GUSRIATI_1812010090_Fulltext - Wati Gusriati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi, oleh Kantor Kementerian Agama Kota Padang dikukuhkan sebagai Kantor Kementerian Agama yang berprestasi. Penghargaan yang didapat berupa penghargaan atas prestasi terbaik kedua pengelolaan humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Sumatera Barat yang diserahkan pada tasyakuran hari amal bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke-76 pada tanggal 6 Januari 2022. Dari sekian banyaknya Kementerian Agama yang ada di Sumatera Barat yang beroperasi di bidang yang sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Padang. Hal ini membuat pihak Kantor Kementerian Agama Kota Padang terus melakukan inovasi dan meningkatkan mutu sumber daya manusia. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan mengkaji secara komprehensif tentang Strategi Public Relations Kantor Kementerian Agama Kota Padang dalam meningkatkan citra lembaga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi public relations kantor Kementerian Agama Kota Padang dalam meningkatkan citra lembaga melalui kegiatan human relations, community relations, media relations. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data dengan analisis kualitatif diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi, kemudian data diolah melalui reduksi data,pengelolaan data, penyajian data, dan terakhir kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi public relations kantor Kementerian Agama Kota Padang dalam meningkatkan citra lembaga melalui kegiatan human relations, seperti: Kegiatan internal menjaga hubungan kerja dengan sesama karyawan dan masyarakat, Eksternalnya adalah memperingati hari besar Islam, hari besar Indonesia, dan kegiatan sosial kemanusiaan. Community relations, seperti komunitas pemberdayaan, ada program penguatan moderasi beragama, revitalisasi KUA, penguatan literasi beragama, kemandirian pesantren. Kedua, penyaluran dan bantuan, seperti wakaf Qur’an, santunan duafa, penyaluran zakat. Media relations untuk bagian eksternalnya sudah terjalin hubungan baik dengan berbagai kalangan serta dalam menjalin hubungan keluar sudah efektif dalam meningkatkan citra Kantor Kementerian Agama Kota Padang. Kata Kunci : Public Relation; Humas; Kementrian Agama; Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > komunikasi dan ilmu komunikasi, komunikasi massa dan kegagalan komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:46
Last Modified: 07 Feb 2023 03:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item View Item