Komunikasi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Akhlak Siswa MAN 2 Tanah Datar

Ranggi Putra, - (2022) Komunikasi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Akhlak Siswa MAN 2 Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Ranggi Putra_1712010082_BAB I - Ranggi Aciak.pdf

Download (418kB)
[img] Text (Bab II)
Ranggi Putra_1712010082_BAB II - Ranggi Aciak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
Ranggi Putra_1712010082_BAB III - Ranggi Aciak.pdf

Download (135kB)
[img] Text (Bab IV)
Ranggi Putra_1712010082_BAB IV - Ranggi Aciak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
Ranggi Putra_1712010082_BAB V - Ranggi Aciak.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Ranggi Putra_1712010082_COVER DLL - Ranggi Aciak.pdf

Download (694kB)
[img] Text (Fulltext)
Ranggi Putra_1712010082_FULLTEXT - Ranggi Aciak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Komunikasi adalah aktifitas dasar manusia, dengan berkomunikasi manusia melakukan suatu hubungan, karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri melainkan membutuhkan manusia lain. Komunikasi ini terjadi pada saat guru menyampaikan informasi kepada siswanya demi tercapainya makna dari informasi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bentuk Komunikasi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Akhlak Siswa MAN 2 Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.Penelitian ini mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai kondisi yang sebenarnya terjadi menurut apa yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara yaitu peneliti melakukan wawancara langsung dengan informan penelitian, dengan tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dengan informan peneliti. Disamping itu juga melalui dokumentasi merupakan suatu cara pengumpulan data yang menghasilkan catatan-catatan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, sehingga akan diperoleh data yang lengkap, sah dan bukan berdasarkan perkiraan Hasil penelitian ini ditemukan adanya bentuk komunikasi Guru bidang studi Akidah Akhlak dalam mengembangkan Akhlak Siswa MAN 2 Tanah Datar.Bentuk komunikasi verbal dan nonverbal guru bidang studi akidah akhlak dalam mengembangkan akhlak siswa MAN 2 Tanah Datar adalah komunikasi kelompok kecil, ini dilihat dari guru akidah akhlak menyampaikan informasi kepada siswa dan didengarkan dengan seksama pesan yang disampaikan oleh guru akidah akhlak. Dalam hal ini timbulah feedback atau umpan balik dari siswa. Dalam pelaksanaan penyampaiannya terdapat bentuk komunikasi yang efektif ini terlihat dari seorang guru yang sudah menyiapkan rencana program pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum pendidikan yang digunakan serta program program yang disusun di luar jam pembelajaran agar dapat mengembangkan akhlak baik pada siswa. Bentuk komunikasi verbal dan non verbal yang diterapkan oleh guru di dalam kelas maupun di luar kelas mampu membuat siswa mengerti serta siswa patuh terhadap arahan yang diberikan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk komunikasi yang digunakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan akhlak siswa sudah dapat dikatakan cukup baik karena bisa dilihat dari cara berkomunikasi dan feedback yang diberikan siswa serta kedisiplinan dan tanggung jawab mereka yang sudah menerapkan akhlak yang baik di dalam kelas maupun di dilingkungan sekolah. Dan juga di dukung dengan kegiatan atau program-program yang mendukung dalam mengembangkan akhlak. Kata Kunci : Komunikasi; Guru; Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > komunikasi dan ilmu komunikasi, komunikasi massa dan kegagalan komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:04
Last Modified: 07 Feb 2023 08:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11566

Actions (login required)

View Item View Item