Literasi Media Kaum Perempuan Dalam Pemanfaatan Aplikasi Belanja Online (Studi di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan)

Miming Fitri Yanti, - (2022) Literasi Media Kaum Perempuan Dalam Pemanfaatan Aplikasi Belanja Online (Studi di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan). Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Miming Fitri Yanti_1812010077_Bab I - Miming FitriYanti.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB II)
Miming Fitri Yanti_1812010077_Bab II - Miming FitriYanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Miming Fitri Yanti_1812010077_Bab III - Miming FitriYanti.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV)
Miming Fitri Yanti_1812010077_Bab IV - Miming FitriYanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Miming Fitri Yanti_1812010077_Bab V _ Daftar Pustaka - Miming FitriYanti.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Miming Fitri Yanti_1812010077_Cover, dll - Miming FitriYanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Miming Fitri Yanti_1812010077_Fulltext - Miming FitriYanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat hadirlah aplikasi belanja online yang dapat dengan mudah diakses dimana saja dan kapan saja menggunakan koneksi internet lewat smartphone maupun laptop. Keberadaan yang selalu dekat dengan media tidak diringi dengan kemampuan literasi media atau mengkritisi pesan yang sampaikan dalam aplikasi belanja online dengan baik, sehingga masih banyak masyarakat yang mengalami kasus penipuan, kualitas barang yang tidak sesuai, barang yang diterima cacat serta tidak bisa membedakan barang tiruan salah satunya kaum perempuan di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan yang asal-asalan dalam menanggapi berbagai pesan yang disampaikan dalam aplikasi belanja online. Literasi media ini dimaksudkan agar dapat memberikan pengetahuan terhadap isu-isu media serta menjadi kontrol dalam memilih konten media serta memberikan pengetahuan akan fungsi media dalam kehidupan sehari-hari, termasuk fungsi media sebagai alat belanja online. Individual competence framework merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memanfaatkan media diantaranya adalah kemampuan untuk menggunakan, memproduksi, menganalisis dan mengkomunikasikan pesan melalui media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui technical skills kaum perempuan dalam pemanfaatan aplikasi belanja online. Technical skills yaitu kemampuan seseorang menggunakan media serta memahami semua jenis instruksi yang ada di dalam media. Untuk mengetahui critical understanding kaum perempuan dalam pemanfaatan aplikasi belanja online. Critical understanding yaitu kemampuan seseorang dalam memahami, menganalisis dan mengavaluasi konten yang ada dalam media. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini data yang diperoleh bersumber dari data primer yaitu hasil wawancara dengan kaum perempuan di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan dan data sekunder yang diperoleh melalui buku, jurnal, dan yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini data yang diperoleh bersumber dari data primer yaitu hasil wawancara dengan kaum perempuan di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan dan data sekunder yang diperoleh melalui buku, jurnal, dan yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kata Kunci : Media Komunikasi; Belanja Online; Penipuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > komunikasi dan ilmu komunikasi, komunikasi massa dan kegagalan komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:05
Last Modified: 06 Feb 2023 02:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item