Prediksi Niat Beli Kosmetik Halal Menggunakan Theory of Planned Behavior dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi

Eydina, Hanni Abdila (2022) Prediksi Niat Beli Kosmetik Halal Menggunakan Theory of Planned Behavior dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Eydina Hanni Abdila_1920030006_Cover, dll - Zein Rindra Permadani.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Eydina Hanni Abdila_1920030006_BAB I - Zein Rindra Permadani.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text
Eydina Hanni Abdila_1920030006_BAB II - Zein Rindra Permadani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
Eydina Hanni Abdila_1920030006_BAB III - Zein Rindra Permadani.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text
Eydina Hanni Abdila_1920030006_BAB IV - Zein Rindra Permadani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
Eydina Hanni Abdila_1920030006_BAB V-Daftar Pustaka - Zein Rindra Permadani.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text
Eydina Hanni Abdila_1920030006_Produk - Zein Rindra Permadani.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
Eydina Hanni Abdila_1920030006_Fulltext - Zein Rindra Permadani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Judul tesis ini adalah “Prediksi Niat Beli Kosmetik Halal Menggunakan Theory of Planned Behavior dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi”. Ditulis oleh Eydina Hanni Abdila, NIM 1920030006, pada jurusan ekonomi syariah, pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan hasil penelitian terkait niat beli kosmetik halal menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) dan religiusitas sebagai variabel moderasi. TPB terdiri dari tiga determinan utama, yaitu sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat beli kosmetik halal dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Alat pengumpul data berupa kuesioner dengan teknik pengambilan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan kriteria penduduk Muslim Sumatera Barat dengan yang sudah pernah berbelanja dan menggunakan kosmetik halal. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 116 dan sebanyak 68 sampel yang dapat digunakan. Data diolah dengan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25, meliputi pengujian instrumental, pengujian asumsi klasik, pengujian analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis, dan pengujian Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kosmetik halal, norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kosmetik halal, persepsi kontrol perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kosmetik halal, religiusitas mampu memoderasi hubungan antara sikap dan niat beli kosmetik halal, religiusitas tidak mampu memoderasi hubungan antara norma subjektif dan niat beli kosmetik halal, dan religiusitas tidak mampu memoderasi hubungan anatara persepsi kontrol perilaku dan niat beli kosmetik halal. Kata Kunci: Kosmetik Halal, Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku, Religiusitas, dan Niat Beli

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 17 Feb 2023 17:15
Last Modified: 17 Feb 2023 17:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11551

Actions (login required)

View Item View Item