KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM PARADIGMA BARU (PILOT PROJECT DI SMKN 2 PADANG)

Enovia, Lendra (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM PARADIGMA BARU (PILOT PROJECT DI SMKN 2 PADANG). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Enovia Lendra_2020010021_Cover, dll - 0021_Enovia Lendra.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Enovia Lendra_2020010021_Bab I, - 0021_Enovia Lendra.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Enovia Lendra_2020010021_Bab 2 - 0021_Enovia Lendra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
Enovia Lendra_2020010021_Bab 3 - 0021_Enovia Lendra.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text
Enovia Lendra_2020010021_Bab 4 - 0021_Enovia Lendra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
Enovia Lendra_2020010021_Bab 5_Dapus - 0021_Enovia Lendra.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text
Enovia Lendra_2020010021_Fulltext - 0021_Enovia Lendra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Judul penelitian tesis ini adalah “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru PAI Di SMKN 2 Padang: Pilot Project Implementasi Kurikulum Paradigma Baru”. Ditulis oleh Enovia Lendra, NIM: 2020010021, Jurusan S2-Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu kebijakan dalam pelaksanaan kurikulum Paradigma Baru adalah memberikan otonomi penuh kepada sekolah dalam pelaksanannya yang membutuhkan skill manajemen kepala sekolah yang tepat. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, kepemimpinan kepala sekolah di SMKN 2 Padang sebagai pilot project implementasi kurikulum Paradigma Baru. Kedua, Hambatan di SMKN 2 Padang sebagai pilot project implementasi kurikulum Paradigma Baru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMKN 2 Padang sebagai pilot project implementasi kurikulum Paradigma Baru, untuk mengetahui kompetensi guru PAI di SMKN 2 Padang sebagai pilot project implementasi kurikulum Paradigma Baru serta untuk mengetahui hambatan di SMKN 2 Padang sebagai pilot project implementasi kurikulum Paradigma Baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMKN 2 Padang, guru pendidikan agama Islam, wakil kurikulum dan siswa kelas X. Sedangkan sumber data sekundernya adalah hasil dokumentasi lapangan di SMKN 2 Padang. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala sekolah di SMKN 2 Padang sebagai pilot project implementasi kurikulum Paradigma Baru adalah (a) Planning, berupa penetapan tujuan, perencanaan kerjasama dengan DUDI, perencanaan pembelajaran,perencanaan pelaksanaan project based learning, perecanaan sarana dan prasarana serta pengalokasian dana yang dibutuhkan. (b) Organization, berupa mengutus perwakilan KKG dalam komite pembelajaran, mengutus beberapa guru produktif dalam link and match DUDI dengan sekolah. (c) Actuating, berupa: menggunakan sistem blok dalam proses belajar mengajar, melaksanakan link and match DUDI dengan sekolah dan pelaksanaan projek. (d) Controlling, berupa: controlling internal oleh pimpinan sekolah berupa supervisi pembelajaran dan controlling eksternal oleh dinas pendidikan. (3) Hambatan di SMKN 2 Padang sebagai pilot project implementasi kurikulum Paradigma Baru dari segi personnya (guru) yang belum begitu paham dengan sistem kurikulum dikarenakan kurangnya orientasi kurikulum dan ketersediaan media pembelajaran digital yang masih belum memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 17 Feb 2023 17:21
Last Modified: 17 Feb 2023 17:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11548

Actions (login required)

View Item View Item