Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Platform Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Padang

Arif, Rahman (2022) Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Platform Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Padang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
ARIF RAHMAN_1820010037_Cover,Pengesahan,Pesetujuan Pembimbing,Kata Pengantar,Abstrak,Daftar Isi. - arif rahman.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text
ARIF RAHMAN_1820010037_BAB I - arif rahman.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text
ARIF RAHMAN_1820010037_BAB II - arif rahman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ARIF RAHMAN_1820010037_BAB III - arif rahman.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text
ARIF RAHMAN_1820010037_BAB IV - arif rahman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
ARIF RAHMAN_1820010037_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA - arif rahman.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
ARIF RAHMAN_1820010037_Fulltext (Cover,Pengesahan,Pesetujuan Pembimbing,Kata Pengantar,Abstrak,Daftar Isi,BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V) - arif rahman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Arif Rahaman, NIM. 1620010037. Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Platform Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Padang. Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMK SMTI Padang, masih ada ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan Platform Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran PAI menggunakan CIPP Model. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggabungkan data kualitatif sebagai penguatan. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket dengan responden 338 orang peserta didik kelas X dan XI SMK SMTI Padang, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan informan yakni Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan 1 orang Pendidik mata pelajaran PAI. Data kuantitatif di analisis dengan teknik analisis deskriptif dan data kualitatif di analisis dengan teknik analisis menurut Miles dan Huberman. Temuan menunjukkan bahwa tingkat pencapaian pembelajaran menggunakaan Platform edmodo pada mata pelajaran PAI dilihat dari komponen context memperoleh skor rata-rata 3,214 (80,36%) digolongkan dalam kategori baik; komponen input memperoleh skor rata-rata 3,251 (81,28%) digolongkan dalam kategori baik; komponen process memperoleh skor rata-rata 3,462 (86,56%) digolongkan dalam kategori ; dan komponen product yang memperoleh skor rata-rata 3,400 (85,00%) digolongkan dalam kategori baik. Dengan demikian peneliti dapat memberikan beberapa rekomendasi yakni: Pembelajaran PAI menggunakan Platform Edmodo secara keseluruhan sudah baik sehingga bisa tetap dilanjutkan. Pada komponen input, diharapkan wakil kepala sekolah bidang kurikulum memberi kesempatan kepada pendidik untuk meningkatkan kompetensi dengan cara mengikuti diklat/ pelatihan yang terkait dengan pembelajaran PAI. Pendidik juga diharapkan mampu menyediakan sumber belajar lainnya bagi peserta didik agar kegiatan pembelajaran PAI di Edmodo bisa lebih menarik. Kata kunci : Pembelajaran PAI, Platform Edmodo, CIPP Model.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 17 Feb 2023 17:22
Last Modified: 17 Feb 2023 17:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item View Item