Pola Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Hidayatul Ulum Bungo Berbasis Kearifan Lokal

Andryadi, Andryadi (2022) Pola Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Hidayatul Ulum Bungo Berbasis Kearifan Lokal. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Andryadi_1920090019_Cover, Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, dll - Andryadi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Andryadi_1920090019_Bab I - Andryadi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Andryadi_1920090019_Bab II - Andryadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Andryadi_1920090019_Bab III - Andryadi.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text
Andryadi_1920090019_Bab IV - Andryadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Andryadi_1920090019_Bab V - Andryadi.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text
Andryadi_1920090019_Fultext - Andryadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Andryadi, NIM. 1920090019, “Pola Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Hidayatul Ulum Bungo Berbasis Kearifan Lokal” Disertasi, Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. Pembahasan tentang karakter seakan tiada ujungnya dan merupakan permasalahan mendasar pada lembaga pendidikan hingga saat ini, Di tengah perkembangan teknologi dan perkembangan zaman yang kian cepat membuat generasi bangsa cenderung mengikuti tren barat yang kekinian dan mulai kehilangan pijakan terhadap kearifan lokal yang ada di daerahnya. Merujuk pada teori belajar maka pola pendidikan karakter siswa berbasis kearifan lokal perlu dilakukan sebagai upaya untuk membentuk karakter peserta didik serta untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai Seloko yang akan menjadi pedoman bagi peserta didik dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang: 1) pola pendidikan karakter siswa di intra Madrasah Aliyah Hidayatul Ulum Bungo berbasis kearifan lokal, 2) pola pendidikan karakter siswa pada ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Hidayatul Ulum Bungo berbasis kearifan lokal, dan 3) pola pendidikan karakter siswa pada lingkungan sekolah di Madrasah Aliyah Hidayatul Ulum Bungo berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang berlokasi di Madrasah Aliyah Hidayatul Ulum Bungo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan ialah dengan cara melakukan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sementara pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Sementara pola pendidikan karakter siswa berbasis kearifan lokal di Madrasah Aliyah Hidayatul Ulum Bungo adalah melalui pola integrated yaitu pola pendidikan karakter yang mengintegrasikan antara intrakurikuler madrasah/ kurikulum, ekstrakurikuler dan lingkungan sekolah/madrasah yang berbasis kearifan lokal Seloko. Setiap unsur yang terdapat di lingkungan madrasah, baik kurikulum, pendidik, tenaga kependidikan, serta siswa dapat membentuk karakter siswa berbasis kearifan lokal dalam bentuk Seloko yang saat ini sudah mulai tidak diminati, ditinggalkan dan tergerus oleh perkembangan teknologi. Kemudian madrasah dan pihak terkait perlu melakukan penguatan pola pendidikan karakter siswa yang berbasis kearifan lokal dalam bentuk tersedianya bahan cetak maupun buku tentang kearifan lokal Seloko yang memiliki International Standard Book Number (ISBN) sehingga bisa dimiliki oleh setiap unsur yang ada di dalam pendidikan sebagai acuan dan bahan ajar muatan karakter yang memiliki ciri khas kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 17 Feb 2023 17:22
Last Modified: 17 Feb 2023 17:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item