Pengembangan Model Pembelajaran Kolaborasi Berbasis Masalah Menggunakan Aplikasi Lark Pada Pembelajaran PAI di SMA Kota Padang

Afrizal, Afrizal (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Kolaborasi Berbasis Masalah Menggunakan Aplikasi Lark Pada Pembelajaran PAI di SMA Kota Padang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Afrizal_88315311_Cover dll - AHSS CHANEL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Afrizal_88315311_Bab 1 - AHSS CHANEL.pdf - Published Version

Download (618kB)
[img] Text
Afrizal_88315311_Bab 2 - AHSS CHANEL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Afrizal_88315311_Bab 3 - AHSS CHANEL.pdf - Published Version

Download (790kB)
[img] Text
Afrizal_88315311_Bab 4 - AHSS CHANEL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Afrizal_88315311_Bab 5 - AHSS CHANEL.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text
Afrizal_88315311_Daftar Kepustakaan - AHSS CHANEL.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text
Afrizal_88315311_Lampiran - AHSS CHANEL.pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Text
Afrizal_88315311_fullteks - AHSS CHANEL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Afrizal, NIM. 88315311, “Pengembangan Model Pembelajaran Kolaborasi Berbasis Masalah Menggunakan Aplikasi Lark Pada Pembelajaran PAI di SMA Kota Padang”, Disertasi: Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peyelenggaraan pembelajaran PAI saat ini di SMA Kota Padang, belum sesuai dengan harapan kurikulum 2013, baik hasil maupun prosesnya dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan dalam masih secara parsial dan belum terintegrasi dengan pembelajaran online menggunakan aplikasi lark. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan model pembelajaran kolaborasi berbasis masalah menggunakan aplikasi lark dan 3) menguji validitas, praktikalitas dan efektivitas model pembelajaran kolaborasi berbasis masalah menggunakan aplikasi lark pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan dkk, dengan langkah four D (4D), yaitu mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop), dan menyebarluaskan (disseminate). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis data menggunakan teknik analisa kualitatif dan teknik analisa kuntitatif. Validator dalam penelitian ini, melibatkan lima pakar, serta melibatkan satu orang guru dan 36 peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba terluas. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran kolaborasi berbasis masalah menggunakan aplikasi lark dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni: sintaks model, sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan pengiring serta instrumen-instrumen yang diperlukan. Pengembangan model menggunakan model Thiaragan, yaitu Four D, memperhatikan tiga aspek produk dari Nieveen. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran, beserta perangkatnya, dan divalidasi oleh ahli dan praktisi. Penelitian ini menghasilkan Model Pembelajaran kolaborasi berbasis masalah menggunakan aplikasi lark memenuhi kriteria valid baik secara isi dan konstruk, praktis model pembelajaran dilihat dari aspek keterlaksanaan, kemampuan guru mengelola pembelajaran, respon guru dan peserta didik terhadap model pembelajaran beserta perangkat pembelajarannya dan keefektifan model dilihat dari peningkatan penguasaan materi pembelajaran PAI oleh peserta didik kelas eksperimen berada pada level tinggi dibandingkan kelas kontrol. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya supaya menerapkan model pembelajaran kolaborasi berbasis masalah menggunakan aplikasi lark pada mata pelajaran lain bagi peserta didik untuk meninjau dampak keaktifannya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:56
Last Modified: 20 Feb 2023 03:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item