Peran Keluarga di Minangkabau dalam Penyelesaian Perbedaan Adat Perkawinan pada Film Salisiah Adaik (Analisis Semiotika Roland Barthes

Junika Saputra, - (2022) Peran Keluarga di Minangkabau dalam Penyelesaian Perbedaan Adat Perkawinan pada Film Salisiah Adaik (Analisis Semiotika Roland Barthes. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Junika Saputra_1712010061_Bab I - junika saputra.pdf

Download (646kB)
[img] Text (Bab II)
Junika Saputra_1712010061_Bab II - junika saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
Junika Saputra_1712010061_Bab III - junika saputra.pdf

Download (399kB)
[img] Text (Bab IV)
Junika Saputra_1712010061_Bab IV - junika saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
Junika Saputra_1712010061_Bab V-Daftar Pustaka - junika saputra.pdf

Download (512kB)
[img] Text
Junika Saputra_1712010061_Cover dll - junika saputra.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Fulltext)
Junika Saputra_1712010061_Fulltext - junika saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keluarga merupakan institusi terkecil yang terdapat dalam masyarakat yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk mewujudkan lingkungan kehidupan yang tentram dan damai dengan suasana kasih sayang di dalamnya. Masyarakat Minangkabau menjadikan keluarga sebagai tempat untuk membesarkan, mendidik dan mensejahterakan anak kemenakannya. Keluarga di Minangkabau sangat berperan penting atas kelangsungan kehidupan anggota keluarganya sendiri yang menyangkut semua lini kehidupan termasuk tentang masalah perkawinan, karena perkawinan dalam masyarakat Minangkabau menjadi tanggung jawab kaum Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode analisis semiotika yang dikembangkan oleh Roland Barthes meliputi makna denotasi, konotasi dan mitos. Sumber data penelitian ini adalah berupa potongan-potongan gambar adegan dan dialog yang terdapat dalam film Salisiah Adaik yang berkaitan dengan rumusan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan studi pustaka kerabat yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna denotasi, konotasi dan mitos peran keluarga di Minangkabau dalam penyelesaian perbedaan adat perkawinan pada film Salisiah Adaik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada film Salisiah Adaik dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes ditemukan bahwa makna denotasi menampilkan peran keluarga di Minangkabau dalam penyelesaian perbedaan adat perkawinan terhadap anak kemenakannya. Makna konotasinya adalah gambaran dari perselisihan adat yang ditampilkan dalam setiap adegan yang peneliti pilih adalah semua anggota keluarga yang bersangkutan melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi.Makna mitos adalah makna yang disetujui oleh suatu budaya, maka makna mitosnya adalah karena masalah perkawinan dalam masyarakat Minangkabau bukan hanya tentang seorang laki-laki dan perempuan saja tetapi merupakan tanggung jawab bersama dari masyarakat adat maka peran keluarga sangat dibutuhkan dalam penyelesaian permasalan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:13
Last Modified: 27 Jan 2023 04:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11532

Actions (login required)

View Item View Item