Pola Komunikasi Guru dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Helvia Rozanna, - (2022) Pola Komunikasi Guru dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Helvia rozanna_1512010028_Bab 1 - Helvia Rozanna.pdf

Download (247kB)
[img] Text (Bab II)
Helvia rozanna_1512010028_BAB II - Helvia Rozanna.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
Helvia Rozanna_1512010028_BAB III - Helvia Rozanna.pdf

Download (46kB)
[img] Text (Bab IV)
Helvia Rozanna_1512010028_BAB IV - Helvia Rozanna.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
Helvia Rozanna_1512010028_bab v- daftr pustaka - Helvia Rozanna.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Helvia Rozanna_1512010028_cover - Helvia Rozanna.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Fulltext)
Helvia Rozanna_1512010028_full Teks - Helvia Rozanna.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana guru mengajarkan akhlak yang baik terhadap siswa supaya termotivasi dari ajaran guru untuk berjilbab dan memperbaiki cara berpakaian yang baik, dan bertutur kata yang baik dan benar.Komunikasi merupakan kebutuhan setiap manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, bahkan hampir tidak mungkin lagi jika ada seseorang yang menjalani hidupnya tanpa berkomunikasi dengan orang lain. Sebab, tanpa berkomunikasi manusia tidak akan bisa menjalani fungsinya sebagai Khalifah.Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah dan pola komunikasi multi arah yang digunakan guru dalam pembinaan akhlak siswa SMA N 1 Lembah Melintang. Metode penelitian merupakan penelitian lapangan (Field Research) jenis fenomenologis yang bersifat deskriptif ( gambaran) dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik penetapan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap umur ( anggota) teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang dilakukan guru terhadap pembinaan akhlak siswa, (1) Pola komunikasi satu arah dilakukan melalui pertemuan di dalam kelas dengan mengingatkan siswa untuk lebih giat melaksanakan pengamalan ibadah yakni sholat dhuha dan dhuzur berjamaah yang dilakukan setiap hari dan kultum setiap hari, (2) Pola komunikasi dua arah yang digunakan guru dalam pembinaan akhlak siswa melalui kegiatan keaktifan siswa yaitu siswa memberikan pendapat tentang materi yang disampaikan guru dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan sehingga menimbulkan semangat dalam belajar, (3) Pola komunikasi multiarah yang digunakan guru dalam pembinaan akhlak siswa menyampaikan materi dengan bahasa lisan dengan menggunakam media infocus menampilkan kisah inspiratif yang mengandung nilai agama dan menelvon siswa ketika diperlukan untuk mengetahui keberadaanya serta melakukan kegiatan tadabbur alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 27 Jan 2023 05:50
Last Modified: 27 Jan 2023 05:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item