Manajemen pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 35 Padang

Rohaza Meisardy, - (2022) Manajemen pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 35 Padang. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Rohaza Meisardy_1814090054_Cover, dll - rohaza meisardy.pdf

Download (944kB)
[img] Text
Rohaza Meisardy_1814090054_Bab I - rohaza meisardy.pdf

Download (381kB)
[img] Text
Rohaza Meisardy_1814090054_Bab II - rohaza meisardy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
Rohaza Meisardy_1814090054_Bab III - rohaza meisardy.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Rohaza Meisardy_1814090054_Bab IV - rohaza meisardy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
Rohaza Meisardy_1814090054_Bab V - rohaza meisardy.pdf

Download (357kB)
[img] Text
Rohaza Meisardy_1814090054_Fulltex - rohaza meisardy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rohaza Meisardy. NIM: 1814090054. “Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 35 Padang”, Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1444 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh manajemen pebelajaran, Karena menciptakan peluang bagaimana peserta didik belajar dan apa yang dipelajari oleh peserta didik. Dengan kata lain, manajemen pembelajaran memunculkan pertanyaan, bagaimana mereka dapat belajar, apa yang mereka pelajari, dan dimana mereka mempelajarinya. Untuk mencapai hal yang telah dimaksud, maka diperelukan strategi manajemen aktif dalam kelas yang secara organisasional pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar. Guru memiliki kesiapan mengajar dan peserta didik siap untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang telah penelitian tuangkan di batasan masalah yakni Kemampuan Guru dalam membuat perencanaan pembelajaran, Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, Kemampuan Guru dalam merancang dan pelaksanaan evaluasi belajar guru Ilmu Pengetahaun Sosial (IPS) di SMP Negeri 35 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar pembelajaran Ilmu Pengetahaun Sosial (IPS), dan informan dalam penelitian ini adalah waka, dan peserta didik di SMP Negeri 35 Padang. Dokumen dalam penelitian ini adalah gambaran umum lokasi penelitian data peserta didik, guru mata pelajaran Ilmu Pengetahaun Sosial (IPS). Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini:1) Dalam membuat perencanaan pembelajaran terdapat landasan pendidikan, teori belajaran pembelajaran, strategi pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran, karena setiap materi yang akan diajarkan guru berbeda. 2) Pada pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat baik dan agar proses pembelajaran tidak membosankan guru juga memvariasikan metode dengan memadukan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab hal ini dibutuhkan agar terjadinya interaksi antara guru dan peserta didik serta menciptakan suasana kelas yang kondusif, sehingga strategi yang digunakan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan semestinya. 3) Pada bagian hasil pembelajaran atau evaluasi yang digunakan oleh guru untuk menguji peserta didik, Guru melakukan beberapa evaluasi belajar. Jenis evaluasi yang digunakan oleh guru tersebut biasanya tes lisan atau tes tulisan. Penilaian yang dilakukan oleh guru juga dibagi berupa penilaian afektif atau sikap, kognitif atau pengetahuan dan psikomotorik atau keterampilan. Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Dec 2022 15:43
Last Modified: 04 Dec 2022 15:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item