Penerapan model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Ulakan Tapakis

Novi Arman, - (2022) Penerapan model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Novi Arman_1814090029_Cover, dll - 0029 Novi Arman.pdf

Download (876kB)
[img] Text
Novi Arman_1814090029_Bab I - 0029 Novi Arman.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Novi Arman_1814090029_Bab II - 0029 Novi Arman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
Novi Arman_1814090029_Bab III - 0029 Novi Arman.pdf

Download (533kB)
[img] Text
Novi Arman_1814090029_Bab IV - 0029 Novi Arman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Novi Arman_1814090029_Bab V-Daftar Pustaka - 0029 Novi Arman.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Novi Arman_1814090029_Fulltext, dll - 0029 Novi Arman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan puncak dari suatu proses belajar mengajar. Hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan yang telah dicapai peserta didik. Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran dimana siswa bekerja dan belajar bersama dalam kelompok, saling menyumbangkan pikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Pembelajaran kooperatif mengutamakan kerjasama dalam menyelesaikan permasalahan. Salah-satu model pembelajaran kooperatif adalah Cooperative Script. Cooperative Script merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara berpasangan. Tujuan penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui bagaimana perencanaan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis 2. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ulakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Sedangkan data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari 1) persentase keterlaksanaan model pembelajaran yang diperoleh dari jumlah nilai pada lembar observasi, 2) peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest hasil belajar siswa. Proses perencanaan pembelajaran dalam penelitian ini melalui model pembelajaran Cooperative Script, yang terdiri dari 2 siklus 5 kali pertemuan. Siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus kedua dua kali pertemuan, satu pertemuan digunakan untuk pretest. Dalam perencanaan, peneliti menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, menyusun instrumen observasi untuk mengamati siswa dalam kegiatan belajar. Proses pelaksanaan evaluasi dilakukan pada setiap akhir siklus. Penilaian dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Sejarah mencapai 93% pada siklus II , 2) hasil belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan di atas nilai KKM yaitu 79, sebelum diterapkan model pembelajaran Cooperative Script hasil nilai pretest memiliki rata-rata 49,8 setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Script hasil belajar meningkat. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74,52 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,9. Dari hasil penilaian dapat dibuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Script

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Dec 2022 18:36
Last Modified: 03 Dec 2022 18:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item View Item