Pelaksanaan penilaian autentik pembelajaran sejarah pada Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 5 Agam

Muhammad Fauzan Yunus, - (2022) Pelaksanaan penilaian autentik pembelajaran sejarah pada Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 5 Agam. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Muhammad Fauzan Yunus_1814090008_Cover,dll - Muhammad Fauzan yunus.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Muhammad Fauzan Yunus_1814090008_Fulltext - Muhammad Fauzan yunus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skrisi ini berjudul “Pelaksanaan Penilaian Autentik Pembelajaran Sejarah Pada Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 5 Agam” disusun oleh Muhammad Fauzan Yunus Nim. 1814090008 Program Studi Tadris Ips Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 1443 H/2022 M. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui perencanaan penilaian autentik di MAN 5 Agam oleh guru mata pelajaran sejarah. (2) untuk mengerahui pelaksanaan penilaian autentik di MAN 5 Agam. (3) untuk mengetahui apa dampak dari pelaksanaan penilaian autentik. Metode penelitian yang digunakan dalam pendekatan ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif untuk memperoleh data yang digunakan metode wawancara, studi lapangan. Untuk menguji obyektifitas dan kebasahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Triangulasi sumber berarti untuk mendapatkan data dari sumber yang berbedabeda dengan menggunakan tenknik yang sama. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh informasi bahwa pendidik melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran sejarah yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kendala terletak kepada perencanaa dan prosedur penilaian yang mana (1) perencanaan penilaian autentik pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013 di MAN 5 Agam sudah terlaksana sesuai kurikulum 2013. (2) pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran sejarah sudah terlaksana sesuai tuntutan kurikulum 2013. (3) dampak dari pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran sejarah di MAN 5 Agam yaitu : dengan adanya penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di MAN 5 Agam ini diharapkan dampak menilai capaian kompetensi peserta didik berdasarkan aspek yang ada, tetapi karna bukti pelaksanaan sesuai kurikulum 2013 terkendala dilakukan di sekolah yang diteliti jadi belum terlihat hasil yang sesuai. Solusinya untuk mengatasinya dengan melakukan pelatihan, workshop tentang penilaian autetik dan dan kurikulum 2013, sarana dan prasarana sekolah harus memadai, proses belajar mengajar yang harus kondusif, peran kepala sekolah sebagai pendamping. Kata kunci : penilaian autentik, kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Dec 2022 17:15
Last Modified: 03 Dec 2022 17:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item