Model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Ujung Batu

Melisa Safriani, - (2022) Model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Ujung Batu. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Melisa Safriani_1814090062_Cover,dll - 0062 Melisa Safriani.pdf

Download (715kB)
[img] Text
Melisa Safriani_1814090062_Bab I - 0062 Melisa Safriani.pdf

Download (654kB)
[img] Text
Melisa Safriani_1814090062_Bab III - 0062 Melisa Safriani.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Melisa Safriani_1814090062_Bab II - 0062 Melisa Safriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
Melisa Safriani_1814090062_Bab IV - 0062 Melisa Safriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Melisa Safriani_1814090062_Bab V - 0062 Melisa Safriani.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Melisa Safriani_1814090062_Fulltext - 0062 Melisa Safriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Ujung Batu.”, disusun oleh Melisa Safriani NIM. 1814090062 Program Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan bahwa kegiatan pembelajaran Sejarah di kelas masih belum berjalan dengan baik. Penggunaan model problem based learning di dalam pembelajaran Sejarah masih belum berjalan dengan kondusif, peserta didik masih banyak yang belum serius ketika proses pembelajaran berlangsung sehingga ketika guru menanyakan kembali terkait pembelajaran yang disampaikan peserta didik banyak yang tidak mampu menjawab dengan tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjawab pertanyaan yang telah peneliti tuangkan di rumusan masalah yakni untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based learning di SMA Negeri 2 Ujung Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data atau yang menjadi objek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber primer dan sumber sekunder. 1) Sumber primer, sumber primer yaitu meliputi hasil dari wawancara dengan guru Sejarah dan siswa serta observasi guru dan siswa dalam pembelajaran. 2) Sumber sekunder, sumber sekunder dengan menggunakan buku, jurnal, maupun pustaka lain yang mendukung seperti buku-buku dan literatur lain yang menunjang kajian pustaka dalam penelitian ini. Sumber lain yang akan dijadikan sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah RPP. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Ujung Batu sudah menggunakan model pembelajaran problem based learning sebagai sumber belajar Sejarah. Guru merancang pembelajaran dan menggunakan RPP terbaru 2013 Revisi. Model pembelajaran problem based learning yang digunakan oleh guru Sejarah beragam ada yang berbentuk PPT, juga diskusi dan ceramah. Materi yang disajikan kebanyakan bersumber dari buku pedoman yang layak untuk dijadikan bahan ajar atau tidak. Dalam penggunaannya peserta didik dan guru menanggapi dengan baik proses pembelajaran tersebut peserta didik yang rata-rata mengungkapkan bahwa mereka menyukai proses pembelajaran dengan memanfaatkan model PBL. Dikarenakan penggunaan materi di dalamnya disajikan secara konkrit yang merupakan inti dari materi pembelajaran. Pembelajaran menjadi lebih bervariasi karena peserta didik tidak hanya difokuskan untuk mencatat dan menghafalkan saja tapi dengan menggunakan model PBL ini peserta didik diajak untuk belajar sekaligus mendengar dari apa yang telah disajikan oleh guru. Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Dec 2022 16:53
Last Modified: 03 Dec 2022 16:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11491

Actions (login required)

View Item View Item