Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Adabiah Kota Padang

Mela Ayu Wandira, - (2022) Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Adabiah Kota Padang. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
MELA_1814090056_COVER, DLL - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (981kB)
[img] Text
Mela_1814090056_BAB I - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (679kB)
[img] Text
Mela_1814090056_BAB II - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
Mela_1814090056_BAB III - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Mela_1814090056_BAB IV - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Mela_1814090056_BAB V-PUSTAKA - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Mela_1814090056_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mela Ayu Wandira (1814090056) “Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Adabiah Kota Padang”. Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1444 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan, bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media video seharusnya memberikan tingkat ketertarikan peserta didik dalam mempelajari sejarah, namun saat tayangan video berlangsung, beberapa peserta didik tampak tidak peduli dan kurang seius dalam memperhatikan media video tersebut. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam terkait pemanfaatan media video ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan media video di kelas. Dilihat dari perencanaan, bentuk media video, dan pelaksanaan pemanfaatan media video Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alat pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yaitu sumber primer dan sumber sekunder. 1) Sumber primer; guru sejarah dan peserta didik serta observasi proses pembelajaran dengan memanfaatkan media video. 2) Sumber sekunder; buku, jurnal, kajian penelitian yang relevan dan RPP. Analisis data; 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu; Pertama, RPP yang digunakan oleh guru sejarah adalah RPP revisi kurikulum 2013, didalam RPP sudah dirancang pemanfaatan media video untuk dijadikan sebagai media dalam penyampaian materi. Isi rancangan RPP terkait media video dimulai dari kegiatan pendahuluan inti dan penutup guru merancang kegiatan pemanfaatan video secara sistematis namun perancangan RPP tersebut tidak ada dibawa guru ke dalam kelas untuk dijadikan pedoman di dalam pembelajaran di kelas. Kedua, media pembelajaran video yang digunakan berbentuk; 1) Video dokumenter, berisi tentang videovideo dari arsip negara yang ditambah dengan penjelasan mengenai video tersebut; 2) PPT, berisi poin-poin ringkasan materi sejarah yang dikemas sedemikian rupa; namun pada hakikatnya PPT bukan termasuk bentuk dari sebuah media video. 3) Animasi, berbentuk gambar animasi yang berkaitan dengan materi. Materi yang disajikan kebanyakan bersumber dari internet namun melalui penyeleksian dari guru itu tersendiri apakah layak untuk dijadikan bahan ajar atau tidak. Ketiga, dalam pelaksanaan pemanfaatan media video guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok diberikan satu tema materi yang akan dibahas, selanjutnya peserta didik ditugaskan mencari video untuk didiskusikan. Pemanfaatan media video pada proses pembelajaran ditanggapi dengan baik oleh peserta didik dan guru. Peserta didik saat diwawancara rata-rata mengungkapkan bahwa mereka menyukai proses pembelajaran dengan memanfaatkan video, guru jadi merasa terbantu karna lebih mudah dalam mengontrol peserta didik, guru bisa memaksimalkan kegiatan belajar agar lebih kondusif. Pemanfaatan media video materi dikemas dan disajikan dari yang abstrak menjadi lebih kongret, peserta didik bisa mengulang-ulang kembali pembelajaran yang telah lalu, pembelajaran menjadi lebih bervariasi karena peserta didik tidak hanya difokuskan untuk mencatat dan menghafalkan saja tapi dengan memanfaatkan video peserta didik diajak untuk melihat sekaligus mendengar dari apa yang telah disajikan oleh guru. Dengan begitu media video bisa dijadikan solusi yang tepat dalam penyediaan media ajar di sekolah saat ini. Kata kunci: pemanfaatan, media pembelajaran video, pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Dec 2022 16:42
Last Modified: 03 Dec 2022 16:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item