Penggunaan Media Pembelajaran yang Efektif Oleh Guru Sejarah di MAN 1 Kota Padang

Haidir, - (2022) Penggunaan Media Pembelajaran yang Efektif Oleh Guru Sejarah di MAN 1 Kota Padang. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
HAIDIR_1814090046_COVER, DLL - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (782kB)
[img] Text
HAIDIR_1814090046_BAB I - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (592kB)
[img] Text
HAIDIR_1814090046_BAB II - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
HAIDIR_1814090046_BAB III - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (319kB)
[img] Text
HAIDIR_1814090046_BAB IV - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
HAIDIR_1814090046_BAB V-PUSTAKA - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (530kB)
[img] Text
HAIDIR_1814090046_FULLTEXT - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penggunaan Media Pembelajaran yang Efektif Oleh Guru Sejarah di MAN 1 Kota Padang”, disusun oleh Haidir (1814090046) Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1444 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 di MAN 1 Kota Padang. Ketika guru menggunakan media pembelajaran sejarah, terlihat medianya kurang menarik dan tidak objektif. Hal ini menyebabkan masih ada peserta didik yang tidur dan tidak memperhatikan materi yang sedang diterangkan guru sejarah menggunakan media pembelajaran tersebut. Media yang efektif apabila dipergunakan dengan baik dan benar sesuai dengan fungsi, situasi dan kondisi. Dengan penggunaan media yang efektif, maka dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk melihat perancangan media pembelajaran, penggunaan media, dan tingkat keefektifan media yang digunakan oleh guru sejarah MAN 1 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, alat pengumpul data penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah pertama 3 orang guru sejarah yang menggunakan media pebelajaran. Kedua 10 orang peserta didik kelas X dan 3 orang kelas XI. Ketiga wakil kurikulum yang menetapkan program pembelajaran di MAN 1 Kota padang. Hasil penelitian ini adalah pertama, berkenaan dengan perancangan media pembelajaran sejarah. Dalam RPP pertama, pada KD 3.7 guru merancang media visual. Dalam, RPP kedua, pada pada KD 3.8 guru merancang media kartu dengan model pembelajaran make and match. Dan dalam RPP ketiga, pada KD 3.10 guru merancang media audio visual. Kedua, berkenaan dengan penggunaan media pembelajaran sejarah. Dalam RPP pertama, KD 3.7 pada materi “Teori Masuknya Agama dan Kebudayaan islam di Indonesia”, guru menggunakan media visual diam, dengan menampilkan slide powerpoint. Dalam RPP kedua KD 3.8 pada materi “Peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini”, guru menggunakan media kartu dengan model pembelajaran make a match. Dan dalam RPP ketiga, KD 3.10 pada materi “Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Belanda”, guru menggunakan media audio visual dengan menayangkan film dokumenter sejarah. Ketiga, berkenaan dengan media pembelajaran sejarah yang efektif. Dalam temuan peneliti melalui observasi, wawancara, dokumentasi bersama guru dan peserta didik, bahwa dari berbagai media pembelajaran sejarah yang digunakan oleh guru sejarah, maka dapat di simpulkan media yang paling efektif diterapkan oleh guru sejarah di MAN 1 Kota Padang adalah media audio visual dengan menampilkan film dokumenter sejarah. Sebab media audio visual ini bisa menjelaskan peristiwa secara ditail dan meransang pikiran peserta didik melalui gambar gerak, warna, dan suara. Oleh sebab itu, media ini mampu meningkatkan semangat belajar peserta didik. Kata Kunci: Efektivitas, Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 01 Dec 2022 14:32
Last Modified: 01 Dec 2022 14:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11485

Actions (login required)

View Item View Item