Pelaksanaaan pembelajaran sejarah melalul liternal di SMA N 1 Gunung Talang

Gustina Rika, - (2022) Pelaksanaaan pembelajaran sejarah melalul liternal di SMA N 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Gustina rika_1814090051_Bab I - 0051 Gustina Rika.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Gustina Rika_1814090051_Cover,dll - 0051 Gustina Rika.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Gustina Rika_1814090051_Bab II - 0051 Gustina Rika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
Gustina Rika_1814090051_Bab III - 0051 Gustina Rika.pdf

Download (386kB)
[img] Text
Gustina Rika_1814090051_Bab IV - 0051 Gustina Rika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Gustina Rika_1814090051_Bab V - 0051 Gustina Rika.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Gustina Rika_1814090051_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pelaksanaaan Pembelajaran Sejarah Melalul Liternal di SMA N 1 Gunung Talang" disusun oleh Gustina Rika NIM.1814090051 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca dan menulis peserta didik yang menjadi permasalahan utama dalam proses pembelajaran, Dalam memahami pembelajaran di sekolah, siswa harusnya lebih aktif untuk mencari informasi dengan menerapkan budaya literasi, khususnya pada mata pelajaran sejarah, karena sumber utama yang dapat di jadikan acuan untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta sejarah adalah dengan membaca buku. Dengan demikian pembelajaran sejarah tidak akan efektif apabila tidak diterapkannya budaya membaca dan menulis. Dalam melakukan penyusunan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kualitatif ini merupakan penelitian yang mencari kebenaran melalui cara-cara yang alami, yaitu dengan langsung terjun kelapangan untuk mengambil data yang dibutuhkan. Penelitian lapangan merupakan metode untuk menemukan secara spesifik data tentang Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Melalui Literasi di SMA N1 Gunung Talang. Sedangkan narasumber dalam penelitian ini adalah, wakil kurikulum, beberapa orang guru mata pelajaran dan juga siswa di SMA N 1 Gunung Talang. Dari hasil penelitian di lapangan maka dapat diperoleh hasil penelitian bahwa kegiatan literasi sekolah yang dilaksanakan di SMA NI Gunung Talang dalam mengembangkan keperpustakaan telah dilakukan dan diterapkan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta menambahkan pengetahuan wawasan yang luas. Pelaksanaan pembelajaran sejarah melalui literasi di SMA N 1 Gunung Talang sudah dilaksanakan dengan baik oleh pihak sekolah maupun guru sejarah, namun dalam proses penerapannya masih banyak hambatan yang dihadapi oleh guru dan siswa, seperti kurangnya minat peserta didik untuk mengikuti kegiatan literasi dan penyediaan sumber bacaan yang belum memadai, Strategi yang digunakan guru dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya membaca dan menulis adalah dengan mengkondisikan lingkungan fisik ramah literasi, mengupayakan lingkungan sosial yang afektif, mengupayakan sekolah sebagai lingkungan akademis yang literat dan penguatan kapasitas fasilitator. Sedangkan dalam pembelajaran sejarah melalus literasi adalah dengan memberikan materi literasi terkait peristiwa-peristiwa bersejarah yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme. Penyediaan sarana dan prasarana dalam menungang gerakan literasi sekolah di SMA NI Gunung Talang sudah cukup memadai, seperti penyeduan perpustakaan yang layak. papan mading, pojok literasi dan juga buku bacaan Namun dalam penyediaan sarana dan prasarana tersebut masih terdapat kelemahan seperti buka bacaan yang di sediakan sekolah masih terbilang sedikit sehingga belum mampu untuk menarik minat baca peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 01 Dec 2022 14:19
Last Modified: 01 Dec 2022 14:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item