Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di MA Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan

Dini Triana Putri, - (2022) Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di MA Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Dini Triana Putri_1814090019_cover,dll-1 - 0019 Dini Triana Putri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Dini Triana Putri_1814090019_Fulltextt - 0019 Dini Triana Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di MA Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan” ditulis oleh Dini Triana Putri Nim. 1814090019 Jurusan Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang dari penelitian ini adalah salah satu fenomena yang terjadi dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam mata pelajaran sejarah Kelas X di MA Lubuk Malako, yang mana model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang cukup banyak digenari oleh peserta didik, namun pada pelaksanaannya masih banyak terdapat peserta didik yang kurang semangat serta merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajarn sejarah. Penelitian ini berujuan untuk mengentahui bagaimana RPP, Pelaksanaan, dan Evaluasi pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam mata pelajaran sejarah kelas X di MA Lubuk Malako. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah Data Primer yaitu peserta didik, guru mata pelajaran sejarah, dan kepala MA Lubuk Malako, dan Data Sekunder yaitu dokumen-dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Satu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, RPP terdiri dari kegiatan pendahuluan, dalam kegiatan pendahuluan guru menjelaskan mengenai sistem pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Kegiatan inti, dalam kegiatan inti terdapat langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, 1) guru membagi peserta didik menjadi duakelompok, 2) guru memberikan kartu pertanyaan dankartu jawaban untuk kelompok satu dan dua, 3) guru mengarahkan peserta didik untuk mencari pasangan kartu mereka dalam waktu 15 menit, 4) peserta didik yang berhasil menemukan pasangan kartunya melaporkan diri kepada guru dan diberi poin, 5) peserta didik diminta untuk mempersentasikan kartu mereka di depan kelas. Kegiatan penutup, di dalam kegiatan penutup guru bersama-sama dengan peserta didik menyimpulkan materi, lalu guru memberi tugas kepada peserta didik. Kedua, Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran sejarah kelas X di MA Lubuk Malako telah dilaksanakan dengan baik akan tetapi belum sempurna karena metode ceramah masih mendominasi pada pelaksanaannya, hal ini disebabkan oleh guru yang memberikan penjelasan materi cukup panjang di tahap mengamati sehingga menyita waktu pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di tahap mengumpulkan informasi pada kegiatan inti. Ketiga, Pelaksanaan evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe make a match dilaksanakan dengan cara melakukan penilaian pada tiga aspek yaitu: aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomorik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match, Pembelajaran Sejarah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:59
Last Modified: 01 Dec 2022 08:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11480

Actions (login required)

View Item View Item