Pembelajaran Sejarah Berbasis Internet (Studi di Madrasah Aliyah Negri 2 Pesisir Selatan)

Ade Irma Suryani, - (2022) Pembelajaran Sejarah Berbasis Internet (Studi di Madrasah Aliyah Negri 2 Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Ade Irma Suryani_1814090072_Cover,dll - 0072 Ade irma Suryani.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Ade Irma Suryani_1814090072_Fulltext - 0072 Ade irma Suryani.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Irma Suryani. NIM : 1814090072. “Pembelajaran Sejarah Berbasis Internet (Studi di Madrasah Aliyah Negri 2 Pesisir Selatan) ”, Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran Sejarah yang masih monoton yang menyebabkan situasi kelas terfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, serta penggunaan metode ceramah sebagai pilihan utama strategi belajar mengajar. Oleh karena itu perlu peningkatan kualitas pembelajaran dengan melakukan berbagai cara, diantaranya dengan penggunaan model pembelajaran sejarah berbasis akses internet. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk bagaimana RPP yang disunakan oleh guru, bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis akses internet di MAN 2 Pesisir Selatan dan bagaimana dampak penggunaan model pembelajaran Sejarah terhadap peserta didik di MAN 2 Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Sumber data penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Sejarah dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan yang pertama bahwa RPP yang digunakan oleh guru Sejarah adalah RPP berbasis akses internet, yang kedua proses pelaksanaan model pembelajaran akses internet digunakan untuk mencari sumber materi yang diakses melalui internet, awalnya peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok , lalu masing masing kelompok mencari dan menemukan materi menggunakan internet setelah peserta didik menemukan materi peserta didik mendiskusi kan materi tersebut didepan kelas, setelah diskusi selesai guru dan peserta didik sama sama menyimpulkan pembelajaran. Yang ketiga dampak penggunaan model pembelajaran ini yaitu Dampak positif, penggunaan model pembelajaran dengan menggunkan akses internet sangat membantu dalam proses pembelajaran karena memudahkan peserta didik dalam menemukan sumber materi sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran berlangsung, sedangkan Dampak negatif dalam penggunaan model pembelajaran ini adalah ada beberapa peserta didik yang mengambil kesempatan untuk membuka hal hal yang tidak bersangkutan dengan pembelajaran sehingga peserta didik menjadi tidak fokus Kata Kunci : pembelajaran, sejarah, akses internet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:33
Last Modified: 01 Dec 2022 08:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11473

Actions (login required)

View Item View Item