Etika Komunikasi Dakwah dalam Animasi Kartun Riko The Series Season 1

Dian Agustin, - (2022) Etika Komunikasi Dakwah dalam Animasi Kartun Riko The Series Season 1. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Dian Agustin_1812010013_Bab I - Dian Agustin.pdf

Download (732kB)
[img] Text (Bab II)
Dian Agustin_1812010013_Bab II - Dian Agustin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
Dian Agustin_1812010013_Bab III - Dian Agustin.pdf

Download (500kB)
[img] Text (Bab IV)
Dian Agustin_1812010013_Bab IV - Dian Agustin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dian Agustin_1812010013_Bab V-Daftar Pustaka - Dian Agustin.pdf

Download (616kB)
[img] Text
Dian Agustin_1812010013_Cover,dll - Dian Agustin.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Dian Agustin_1812010013_Fulltext - Dian Agustin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali animasi-animasi yang dapat diakses dengan cara yang mudah dengan menggunakan new media seperti media youtube. Youtube merupakan salah satu media yang banyak digunakan sebagai sarana para animator maupun studio-studio animasi dalam mempublikasikan karyanya. Para animator pun menggunakan cara-cara yang unik baik dari segi gambar maupun penyampain isi cerita animasi tersebut. Riko The Series merupakan serial animasi yang banyak menarik perhatian jika dilihat dari jumlah subscribe sebanyak 1,36 juta dibandingkan dengan serial animasi yang lain, dikarenakan animasi Riko The Series menghadirkan nuansa baru dengan membawa nilai tayangan yang cukup unik yakni Qur’an Science.Animasi Riko The Series juga memberikan penontontonnya kemudahan untuk belajar edukasi seputar sains sembari belajar Al-Qur’an. Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengangkat judul “Etika Komunikasi Dakwah dalam Animasi Kartun Riko The Series Season 1”. Yang menjadi aimana etika komunikasi dakwah dalam animasi kartun Riko The Series Season 1. Agar penelitian ini terarah yang menjadi batasan masalah adalah etika komunikasi dakwah pada animasi kartun Riko The Series Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis isi atau yang biasa disebut dengan content analysis yang bersifat penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan datanya, pengamatan atau menonton video yang telah di upload di channel youtube “Riko The Series”. Kemudian menganalisis percakapan yang mengandung pengaplikasian etika komunikasi dakwah qaulan adziman,qaulan balighan, dan qaulan ma’rufan. Sedangkan sumber data ialah channel youtube “Riko The Series” itu sendiri dan ilmu-ilmu pendukung seperti buku,jurnal yang membahas etika komunikasi dakwah, internet ataupun referensi lainnya.Season 1 dilihat dari segi qaulan adziman, qaulan balighan,dan qaulan ma’rufan. Hasil yang dapat diambil dalam penelitian ini jika dilihat dari segi pengaplikasian etika komunikasi dakwah dilihat dari segi qaulan adziman memberikan pelajaran bawah setiap perkatan harus memiliki dasar yang berdasarkan Al-Qur’an maupun Hadist. Jika dilihat dari segi qaulan balighan dalam berkomunikasi harus jelas maknanya tidak bertele-tele dalam berkomunikasi. Dan pengaplikasian etika komunikasi dakwah dari segi qaulan ma’rufan yaitu berkomunikasi yang memberikan pengetahuan dan mendatangkan Kata kunci: Etika Komunikasi Dakwah; Animasi Kartun; Riko The Series manfaat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > komunikasi dan ilmu komunikasi, komunikasi massa dan kegagalan komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 01 Feb 2023 05:10
Last Modified: 01 Feb 2023 05:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item View Item