Pengelolaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dalam Mencapai Kesejahteraan Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 Di Nagari Kambang Kec. Lengayang Kab. Pesisir Selatan

Vera Oktaviani, - (2022) Pengelolaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dalam Mencapai Kesejahteraan Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 Di Nagari Kambang Kec. Lengayang Kab. Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Vera Oktaviani_1712040019_Bab I - Vera Oktavia.pdf

Download (556kB)
[img] Text (Bab II)
Vera Oktaviani_1712040019_Bab II - Vera Oktavia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
Vera Oktaviani_1712040019_Bab III - Vera Oktavia.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Bab IV)
Vera Oktaviani_1712040019_Bab IV - Vera Oktavia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
Vera Oktaviani_1712040019_Bab V-Daftar Pustaka - Vera Oktavia.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Vera Oktaviani_1712040019_Cover,dll - Vera Oktavia.pdf

Download (251kB)
[img] Text (Fulltext)
Vera Oktaviani_1712040019_Fulltext - Vera Oktavia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengelolaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam Mencapai Kesejahteraan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan” ditulis oleh Vera Oktaviani, Nim 1712040019 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2021. Secara keseluruhan, Nagari Kambang terdapat masih banyaknya masyarakat kalangan bawah yang perekonomiannya tidak menetap, ditambah lagi pada masa pandemi covid-19 saat ini masyarakat banyak yang hasil usahanya menurun sehingga sulit dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan sebagian dari keluarganya banyak yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan menurun yang mengakibatkan terjadinya pengangguran. Oleh karena itu pemerintah nagari memberikan atau mengatur sebuah program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa untuk masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. dalam perencanaan adanya penerima yang berpenghasilan tetap menjadi penerima dan lama pelaksanaan dana bantuan tidak selalu disalurkan tepat waktu. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:Untuk mengetahui (1)Perencanaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam Mencapai Kesejahteraan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, (2) Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam Mencapai Kesejahteraan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, dan (3) Perubahan Kesejahteraan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian ini berupa penelitian lapangan yang dilakukan melalui penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah Pemerintah Nagari, BAMUS dan Masyarakat di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, pengelolaan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam mencapai kesejahteraan masyarakat pada masa pandemi covid-19 sebagai berikut: (1) Perencanaan program dilakukan oleh Pemerintah Nagari dengan melibatkan BAMUS Nagari, Tokoh Masyarakat dan Kepala Kampung dengan musyawarah penetapan calon penerima, besaran anggaran yang diberikan (2) Dalam pelaksanaan pemerintah nagari membagi masing-masing kepala kampung, kemudian seluruh anggota yang terlibat turun langsung ke rumah penerima untuk menyalurkan(3) Perubahan kesejahteraan masyarakat, dengan adanya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dapat tercapai kesejahteraan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat baik dari segi ekonomi maupun kesehatan masyarakat miskin, lanjut usia pada masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 02 Feb 2023 05:04
Last Modified: 02 Feb 2023 05:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11451

Actions (login required)

View Item View Item