Pembinaan Gelandangan Dan Pengemis Melalui Program Desaku Menanti Di Air Dingin Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Sarah Ainun Dharmawan, - (2022) Pembinaan Gelandangan Dan Pengemis Melalui Program Desaku Menanti Di Air Dingin Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Sarah Ainun Dharmawan_1712040064_BAB I - Sarah Ainun Dharmawan.pdf

Download (404kB)
[img] Text (Bab II)
Sarah Ainun Dharmawan_1712040064_BAB II - Sarah Ainun Dharmawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
Sarah Ainun Dharmawan_1712040064_BAB III - Sarah Ainun Dharmawan.pdf

Download (263kB)
[img] Text (Bab IV)
Sarah Ainun Dharmawan_1712040064_BAB IV - Sarah Ainun Dharmawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
Sarah Ainun Dharmawan_1712040064_BAB V - Sarah Ainun Dharmawan.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Sarah Ainun Dharmawan_1712040064_Cover dan lain lain - Sarah Ainun Dharmawan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
SarahAinunDharmawan_1712040064_fulltext - Sarah Ainun Dharmawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul, “Pembinaan Gelandangan Dan Pengemis Melalui Program Desaku Menanti Di Air Dingin Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang”. disusun oleh Sarah Ainun Dharmawan, NIM 1712040064. Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. 2021. Program Desaku Menanti program rehabilitasi sosial gelandangan dan pengemis yang dilakukan terpadu berbasis desa dengan menekankan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi gepeng, yang mana bantuan berupa rumah layak huni. Selain itu ada bantuan penguatan ekonomi produktif bagi peningkatan kesejahteraan. Pengembangan Model Program Desaku Menanti di Kota Padang adalah dengan didirikannya sebuah kampung atau desa binaan gepeng yang diberi nama Kampung Kesetiakawanan Sosial Saiyo Sakato. Lokasi desa ini berada di Balai Gadang Air Dingin Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah oleh Pemerintah Kota Padang. Selama 3 tahun program desaku menanti berjalan, baru 5 keluarga yang bisa mandiri. Jika dipersentasekan jumlah keluarga yang mandiri hanya 12% dari 40 KK yang terlibat dalam Program Desaku Menanti. Dari persentase ini maka perlu dipertanyakan bagaimana bentuk pembinaan yang dilakukan, karena jika persentase kurang dari 20% per-tahun bisa diartikan bahwa pembinaan di sana kurang efektif pelaksanaannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pembinaan orientasi dan pembinaan kecakapan terhadap gelandangan dan pengemis melalui program desaku menanti di Air Dingin Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Infoman dalam penelitian ini di antaranya Kasi Program Desaku Menanti, Pekerja Sosial dari Dinas Sosial Kota Padang dan warga binaan sosial (WBS). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah snowball sampling melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dan jenis data yaitu berupa kata-kata dan tindakan, sumber tertulis dan foto. Serta teknik analisa data dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan tentang pembinaan gelandangan dan pengemis melalui Program Desaku Menanti di Air Dingin Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dapat di simpulkan bahwa (1) Bentuk pembinaan orientasi dari Dinas Sosial Kota Padang berupa pembuatan kue kering telah mampu diimplementasikan oleh para ibu rumah tangga dan di jual disekitar tempat tinggal dan sekolah yang ada di dekat kampung Saiyo Sakato. (2) Pembinaan kecakapan yang diberikan adalah keterampilan bantuan modal usaha sesuai kepandaian masing-masing kepala keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:44
Last Modified: 02 Feb 2023 04:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11448

Actions (login required)

View Item View Item