Strategi Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Ekonomi Perempuan di Kelurahan Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Rahmi Mutia Febria Dinata, - (2022) Strategi Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Ekonomi Perempuan di Kelurahan Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Rahmi Mutia F.D-1712040080-Bab I - Rahmi Mutia.pdf

Download (441kB)
[img] Text (Bab II)
Rahmi Mutia F.D-1712040080-Bab II - Rahmi Mutia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
Rahmi Mutia F.D-1712040080-Bab III - Rahmi Mutia.pdf

Download (169kB)
[img] Text (Bab II)
Rahmi Mutia F.D-1712040080-Bab IV - Rahmi Mutia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
Rahmi Mutia F.D-1712040080-BAB V D PUSTAKA - Rahmi Mutia.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Rahmi Mutia F.D-1712040080-Cover, dll - Rahmi Mutia.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Rahmi Mutia F.D-1712040080-Full Text - Rahmi Mutia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Ekonomi Perempuan di Kelurahan Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang” ditulis oleh Rahmi Mutia Febri Dinata NIM 1712040080 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang. Pembahasan skripsi ini beranjak dari pokok permasalahan bagaimana strategi LP2M dalam meningkatkan ekonomi perempuan melalui Kelompok Perempuan Usaha Kecil (KPUK) di Kelurahan Batu Gadang. Perempuan ini diberikan pelatihan dan pembinaan karena ia tidak memiliki pekerjaan sendiri dan hanya mengandalkan pendapatan dari suami. Untuk memperoleh pendapatan tambahan yang memadai maka dibentuk kelompok perempuan usaha kecil oleh LP2M. Kelompok ini memiliki fungsi untuk dapat membantu dalam pemulihan ekonomi, membangkitkan serta memajukan kaum perempuan dan memperdayakan ibu-ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan di luar kebutuhan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi LP2M dalam meningkatkan ekonomi perempuan di Kelurahan Batu Gadang melalui kelompok perempuan usaha kecil. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan analisis dekriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Snowball Sampling yang akhirnya berjumlah sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, dengan mencari data yang valid. Kemudian penyajian data dalam bentuk teks naratif, dan melakukan penarikan kesimpulan untuk kegiatan akhir dalam proses analisa data. Hasil penelitian menunjukkan, Strategi LP2M dalam meningkatkan ekonomi perempuan melalui kelompok perempuan usaha kecil di Kelurahan Batu Gadang berupa: a. Strategi LP2M memberikan motivasi, berupa arahan dan dorongan. serta Reward (Penghargaan). b. Strategi LP2M meningkatkan kesadaran dan pelatihan kemampuan, melalui pelatihan-pelatihan teknis dan pembinaan kepada anggota kelompok. c. Strategi LP2M dalam manajemen diri,melalui pengaturan jadwal pertemuan dan Pelaksanaan kegiatan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:13
Last Modified: 02 Feb 2023 04:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11445

Actions (login required)

View Item View Item