Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Melalui Kelompok Tani Serumpun Padi Di Desa Rabo Jorong Aie Angek Bukit Kili Di Kenagarian Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok

Puja Vionicca Buana, - (2022) Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Melalui Kelompok Tani Serumpun Padi Di Desa Rabo Jorong Aie Angek Bukit Kili Di Kenagarian Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PUJA VIONICCA BUANA_1712040017_Bab I - Puja vionicca.pdf

Download (415kB)
[img] Text (Bab II)
PUJA VIONICCA BUANA_1712040017_Bab II - Puja vionicca.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
PUJA VIONICCA BUANA_1712040017_Bab III - Puja vionicca.pdf

Download (192kB)
[img] Text (Bab IV)
PUJA VIONICCA BUANA_1712040017_Bab IV - Puja vionicca.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
PUJA VIONICCA BUANA_1712040017_Bab V-Daftar Pustaka - Puja vionicca.pdf

Download (135kB)
[img] Text
PUJA VIONICCA BUANA_1712040017_Cover,dll - Puja vionicca.pdf

Download (400kB)
[img] Text (Fulltext)
PUJA VIONICCA BUANA_1712040017_Fulltext - Puja vionicca.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Melalui Kelompok Tani Serumpun Padi Di Desa Rabo Jorong Aie Angek Bukit Kili Di Kenagarian Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok” ditulis oleh Puja Vionicca Buana NIM 1712040017 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Pembahasan skripsi ini beranjak dari pokok permasalahan bagaimana kondisi masyarakat sebelum adanya kelompok tani di Desa Rabo Jorong Aie Angek Bukit Kili Nagari Koto Baru yang pada umumnya bekerja sebagai petani padi. Untuk memperoleh pendapatan yang memadai salah satu cara yang dicapai yaitu tergabung dengan kelompok tani. Kelompok tani dianggap memiliki fungsi untuk memperbaiki material, sosial dan ekonomi masyarakat agar bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi kesejahteraan sosial masyarakat sebelum adanya kelompok tani Serumpun Padi, dan bentuk upaya yang dilakukan kelompok tani Serumpun Padi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat serta perubahan kesejahteraan sosial masyarakat setelah adanya kelompok tani Serumpun Padi di Desa Rabo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis deskriptif. Pengambilan informan menggunakan teknik puposive sampling yang digunakan untuk pemilihan key informan digunakan untuk penentuan informan berikutnya. Keseluruhan informan sebanyak 10 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara mengumpulkan data, lalu mengklasifikasikan data sesuai dengan jenis masing-masing. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa a). Kondisi Masyarakat sebelum adanya kelompok tani Serumpun Padi berupa: Pertama, Kebutuhan material (pangan, sandang, papan) masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Kedua, Kebutuhan Sosial sebagai petani sawah di lingkungan masyarakat sebelum adanya kelompok tani. Ketiga, Kondisi Ekonomi Masyarakat.Keempat, Pendapatan dari hasil pertanian. b). Upaya kelompok tani Serumpun Padi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat setelah adanya kelompok tani berupa: Pertama, Peran kelompok tani dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Kedua, Alasan dibentuknya kelompok tani. Ketiga, Motivasi Masyarakat untuk bergabung dengan kelompok tani. Keempat, Produktifitas kegiatan Kelompok. c). Perubahan kesejahteraan sosial masyarakat setelah adanya kelompok tani berua: Pertama, Perbedaan sebelum dan sesudah adanya kelompok tani. Kedua, Pemanfaatan Sumber Daya. Ketiga, Meningkatkan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:52
Last Modified: 02 Feb 2023 03:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item