Peranan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Nagari Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam

Novi Rahma Putri, - (2022) Peranan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Nagari Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Novi Rahma putri_1712040061_Bab1 - Novi Rahmaputri.pdf

Download (366kB)
[img] Text (Bab II)
Novi Rahma putri_1712040061_Bab2 - Novi Rahmaputri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
Novi Rahma putri_1712040061_Bab3 - Novi Rahmaputri.pdf

Download (234kB)
[img] Text (Bab IV)
Novi Rahma putri_1712040061_Bab4 - Novi Rahmaputri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
Novi Rahma putri_1712040061_Bab5,Daftar Pustaka - Novi Rahmaputri.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Novi Rahma Putri_1712040061_Cover,dll - Novi Rahmaputri.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Novi Rahma putri_1712040061_FULLtext - Novi Rahmaputri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peranan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Nagari Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Disusun oleh Novi Rahma Putri NIM. 1712040061 pada Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Memanfaatkan waktu luang ibu-ibu di Nagari Simarasok dan Dinas sosial juga membentuk dan menyelenggarakan program kelompok usaha bersama dan telah berjalan tiga tahunan. Namun terdapat sebuah permasalahan, yaitu sosialisasi progam yang minim dari Dinas Sosial dan pemasaran produknya yang lambat berjalan.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu: a. Untuk mengetahui program kelompok usaha bersama dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, b. Untukmengetahui peningkatan kesejahteraan keluarga melalui program kelompok usaha bersama dan c. Untuk mengetahui faktor pendukung dan kendala dalam pengembangan kelompok usaha bersama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Informan dalam penelitian ini, yaitu 6 orang anggota kelompok usaha bersama, dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk mendapatkan data penelitian. Hasil penelitian diketahui bahwa: a.Kesejahteraan keluarga melalui program kelompok usaha bersama di Nagari Simarasok memberikan pelatihan keterampilan kepada anggota kelompok, dana yang diberikan dinas sosial dalam pembuatan usaha kue bolu dan juga pelatihan pemasaran yang bertujuan untuk kesejahteraan bagi masyarakat kurang mampu di Nagari Simarasok. b.Peningkatan kesejahteraan keluarga melalui program kelompok usaha bersama, yaitu adanya peningkatan dari segi sandang, pangan, dan papan pendapatan yang diperoleh anggota kelompok tersebut telah meningkatkan kesejahteraan keluarga anggota, sehingga mampu merubah pola konsumsi keluarga, dan membeli kebutuhan sehari-hari. c.Faktor pendukung dan kendala dalam program kelompok usaha bersama adalah dukungan fasilitas dari pemerintah nagari, motivasi dari pemerintahan nagari dan juga kerjasama yang terjalin untuk meningkatkan semangat anggota kelompok usaha bersama. Kendala yang diahadapi oleh anggota kelompok yaitu kendala modal yang kurang memadai, pemasaran yang banyak saingan terkadang sulit mentargetkan jumlah produksi yang akan dilakukan di karenakan adanya pedagang eceran yang menunda atau terlambat dalam memberikan hasil dagangan, dan efek dari corona sangat besar, karena berdampak terhadap penjualan yang menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:31
Last Modified: 02 Feb 2023 03:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11440

Actions (login required)

View Item View Item