Pengaruh Model Blended Learning terhadap Hasil Belajar PAI berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa di SMP Siti Khadijah Padang

Regina, Yandra (2022) Pengaruh Model Blended Learning terhadap Hasil Belajar PAI berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa di SMP Siti Khadijah Padang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Regina Yandra_2020010011_COVER, DLL - Regina Yandra.pdf - Published Version

Download (576kB)
[img] Text
Regina Yandra_2020010011_BAB 1 - Regina Yandra.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text
Regina Yandra_2020010011_BAB 3 - Regina Yandra.pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text
Regina Yandra_2020010011_BAB 5-DAFTAR PUSTAKA - Regina Yandra.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text
Regina Yandra_2020010011_FULL TEXT - Regina Yandra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Regina Yandra, NIM.2020010011. Tesis : Pengaruh Model Blended Learning terhadap Hasil Belajar PAI berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa di SMP Siti Khadijah Padang”. Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2022. Rendahnya hasil belajar PAI siswa masih menjadi masalah yang belum teratasi. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya alat peraga, kurangnya buku paket, kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar, kurangnya motivasi siswa dalam belajar PAI, dan lain sebagainya. Untuk itu perlu dilakukan upaya perbaikan, dalam penelitian ini dicoba menerapkan model pembelajaran blended learning. Tujuannya ialah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang diajar dengan model blended learning dan model pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi dengan model blended learning dan model pembelajaran konvensional, (3) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelompok siswa dengan motivasi belajar rendah dengan model blended learning dan model pembelajaran konvensional, (4) Untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara model blended learning dan motivasi siswa terhadap hasil belajar PAI Penelitian ini dilakukan pada Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022 di kelas VII SMP Siti Khadijah Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan pola treatment by block design (2 x 2) dan sampelnya berjumlah 49 siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar PAI yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan, bahwa : (1) Model pembelajaran blended learning kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar PAI dari pada model pembelajaran konvensional, (2) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PAI, (3) Model pembelajaran blended learning lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar PAI kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi daripada model pembelajaran konvensional, (4) Model pembelajaran blended learning kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar PAI kelompok siswa dengan motivasi belajar rendah daripada model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 16 Oct 2022 12:39
Last Modified: 16 Oct 2022 12:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11420

Actions (login required)

View Item View Item