Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA(Fisika) Kelas VII MTsN 6 Padang

aulia, yeni (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA(Fisika) Kelas VII MTsN 6 Padang. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover (disertai persetujuan pembimbing) &abstrak)
kover dkk.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text (persetujuan pembimbing)
3. Persetujuan Pembimbing.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text (pengesahan penguji)
4. Pengesahan Penguji.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text (surat pernyataan)
5. Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text (abstrak)
6. ABSTRAK ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text (kata pengantar)
7. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text (daftar isi)
8. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text (daftar lampiran)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text (daftar tabel dan daftar gambar)
10. DAFTAR TABEL & Daftar Gambar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text (BAB I)
11. BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV Yeni (Autosaved).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN OKE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
LENGKAP oke.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Yeni Aulia NIM 1314080342, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA(Fisika) Kelas VII MTsN 6 Padang : Jurusan Tadris IPA-Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, 2018. 243 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dikarenakan pendidik memberikan konsep pembelajaran secara lansung sehingga peserta didik hanya menerima saja konsep yang diberikan oleh pendidik. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik terlihat dari hasil belajar peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Mininum (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah sebesar 75. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian 1 IPA peserta didik kelas VII MTsN 6 Padang masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM. Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk melatih kemampuan berpikir kritis dengan memberikan stimulus dan mengaktifkan seluruh peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hipotesis (H1) yang dirumuskan pada penelitian ini adalah “Kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik dari pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 6 Padang semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil secara acak dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yang terambil sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII 4 dan kelas kontrol adalah kelas VII 7. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa soal essay, dengan reliabilitas tes r11 = 0,91. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata skor tes berpikir kritis kelas eksperimen adalah 74,42 dan rata-rata skor berpikir kritis kelas kontrol adalah 64,70. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Ternyata kedua sampel tersebut berdistribusi nomal dan homogen. Analisa dilanjutkan denga uji t diperoleh thitung > ttabel (2,80 > 1,66) pada taraf kepercayaan 95 %, karena thitung > ttabel maka tolak H0 dan H1 diterima, artinya hipotesi yang diajukan dapat diterima. Kesimpulannya adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 03:43
Last Modified: 25 May 2018 03:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item